26 Sekolah Kedinasan Gratis dan Dapat Uang Saku Serta Fasilitas - Hidupcu.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

26 Sekolah Kedinasan Gratis dan Dapat Uang Saku Serta Fasilitas

Sekolah Kedinasan Gratis dan Dapat Uang Saku

Sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku adalah pilihan terbaik untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan namun terkendala masalah biaya.

Namun perlu kamu tahu bahwa untuk masuk ke sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku ini butuh usaha yang luar biasa karena persaingannya ketat.

Sehingga menjadi kebanggaan tersendirilah jika seseorang mampu lolos dan masuk ke sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku tersebut.

Lolos di sekolah kedinasan tentunya akan membuatmu merasakan beragam fasilitas yang tak akan kamu temukan di sekolah biasa pada umumnya.

Khusus Indonesia sendiri, ada banyak sekali jenis sekolah kedinasan yang bisa jadi pilihanmu setelah lulus sekolah menengah nanti.

Penasaran apa sajakah sekolah kedinasan gratis dan ada uang sakunya di indonesia? Yuk simak penjelasan detailnya berikut ini.


Sekolah Kedinasan Gratis dan Dapat Uang Saku

  1. Poltekip (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan) dan Poltekim (Politeknik Ilmu Imigrasi)
  2. Poltekip maupun poltekim termasuk sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku yang berada di bawah naungan kementerian Hukum dan Hak Asasi.

    Lulus dari Poltekip maupun poltekim nantinya kamu akan memperoleh banyak peluang kerja yang luas. 

    Jika tertarik ingin mendaftar, sekolah ini terletak di jalan Raya Gandul No. 4 Kecamatan Cinere, Depok, Jawa Barat.


  3. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
  4. Tentunya kamu sudah tak asing lagi dengan sekolah kedinasan satu ini bukan?  Apalagi mengingat pendaftarnya cukup banyak dari seluruh penjuru Indonesia.

    Hampir sama dengan sekolah kedinasan sebelumnya, perguruan tinggi ini juga dinaungi langsung oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

    Apabila ingin informasi yang lebih lanjut tentang STAN, kamu bisa langsung berkunjuk ke website resminya di www.pknstan.ac.id.


  5. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)
  6. Sekolah kedinasan gratis berikutnya adalah STMKG. Lulusan sekolah ini juga punya prospek bagus kedepannya karena diawasi langsung oleh BMKG.

    Hanya saja entah mengapa sekolah ikatan dinas ini termasuk sepi peminat karena peserta yang lolos harus benar-benar punya kemampuan sesuai standar.

    Untuk kamu yang ingin mendaftar, silahkan datang ke Pondok Betung jalan Perhubungan I No. 5 Komplek Metro, Tangerang. Atau bisa juga langsung ke alamat websitenya di www.stmkg.ac.id.


  7. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi
  8. Sekolah tinggi ilmu administrasi biasa dikenal dengan lembaga ilmu administrasi. Sekolah kedinasan ini termasuk perguruan tinggi yang membebaskan pembayaran pesertanya.

    Untuk info yang lebih lengkap terkait sekolah ini, silahkan datang ke alamatnya di jalan Cimandiri no 34-38, Bandung, Jawa Barat. Atau bisa juga berkunjung langsung ke websitenya www.ian.com


  9. PTDI-STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)
  10. Sekolah kedinasan ini resmi berubah menjadi dan berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

    Hampir mirip dengan sekolah kedinasan sebelumnya, calon taruna dibebaskan dari uang masuk dan diberi uang saku.

    Bagi kamu yang ingin bergabung dan mau tahu informasi lebih lanjut, silahkan berkunjung ke alamatnya langsung di jalan Raya Setu, Cibitung kota Bekas. Atau ke website resminya di www.ptdisttd.ac.id.


  11. STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial)
  12. STKS atau yang umum dikenal sebagai Poltekesos adalah sekolah kedinasan yang punya program pendidikan untuk menghasilkan lulusan berkompeten di bidang pekerjaan sosial.

    Perguruan tinggi ini bisa kamu datangi di jalan Haji Juanda nomor 367, Bandung Jawa Barat. Tertarik ingin tahu lebih jauh tentang STKS? Silahkan kunjungi websitenya di www.stks.ac.id


  13. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)
  14. Sekolah tinggi sandi negara ialah salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan badan siber dan sandi negara.

    STSN atau yang lebih dikenal dengan Politeknik Siber dan Sandi Negara punya beberapa fasilitas layaknya sekolah kedinasan lainnya seperti gratis serta disediakan tempat tinggal atau asrama secara cuma-cuma.

    Perguruan tinggi ini berlokasi di jalan Haji Usa, Putut Nutug, Kecamatan Ciseeng, Bogor. Apabila kamu ingin tahu informasi lebih lanjut tentangnya, silahkan kunjungi www.stsn-nci.ac.id


  15. AKA (Akademi Kimia Analis)
  16. Sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku ini berada di bawah pengawasan langsung Departemen Perindustrian.

    Seperti namanya, sekolah ini terfokus pada perkembangan dalam bidang industri dan berlokasikan di jalan Ir. H Juanda no 7, Kota Bogor, Jawa Barat. Adapun website resminya adalah www.aka.ac.id


  17. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
  18. STIS adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik RI. Terdapat dua jurusan dalam perguruan tinggi ini yaitu komputasi dan statistika.

    Apabila kamu tertarik ingin mendaftar disini, kamu bisa ke alamatnya di jalan Otto Iskandardinata No 64C Jakarta Timur atau ke website resminya www.stis.ac.id


  19. MMTC (Sekolah Tinggi Multi Media Training Center)
  20. Khusus untuk kamu yang gemar dalam bidang broadcasting, bisa memutuskan untuk menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Multi Media.

    Sekolah kedinasan gratis ini terletak di wilayah Yogyakarta dan berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informasi. 

    Untuk info terkait pendaftaran dan hal-hal berkaitan tentangnya, silahkan lihat di www.mmtc.ac.id.


  21. STP Jakarta (Sekolah Tinggi Perikanan)
  22. STP adalah salah satu sekolah kedinasan bidang perikanan yang diawasi langsung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

    Kamu bisa menemukan sekolah kedinasan ini di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Adapun situs resminya yaitu www.stp.dkp.go.id


  23. STPN Yogyakarta (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional)
  24. Sekolah tinggi pertanahan nasional termasuk sekolah kedinasan yang gratis dan sudah lama berada di Indonesia.

    Dengan pengawasan resmi di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, sekolah ini berokasi di jalan Tata Bumi 5, banyuraden, Kecamatan Gamping, Sleman. Adapun untuk informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat di www.stpn.ac.id


  25. IPDN (Institut Pendidikan Dalam Negeri)
  26. Sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku berikutnya adalah IPDN. Perguruan tinggi kedinasan ini diawasi langsung oleh Kementerian Dalam Negeri.

    Masuk ke jurusan ini maka taruna akan mendapat fasilitas gratis berupa asrama dan beberapa hal lainnya.

    Perguruan tinggi IPDN terletak di wilayah Sumedang, Jawa Barat. Tepatnya di KM 20 Jatinangor. Untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi www.spcp.ipdn.ac.id


  27. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
  28. STIN atau sekolah tinggi intelijen negara merupakan perguruan tinggi yang berdiri di bawah pengawasan Badan intelijen Negara atau BIN.

    Lulus dari sini nantinya kamu akan berprofesi sebagai interl profesioal. Uniknya, sekolah kedinasan ini tak hanya gratis. Tetapi ada juga tunjangan yang diberikan pada taruna.

    Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar di sini, bisa langsung datang ke alamatnya di Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor. Atau bisa juga melalui websitenya di www.ptb.stin.ac.id


  29. AKAMIGAS STEM (Akademi Minyak dan Gas Bumi)
  30. Sekolah kedinasan yang ada uang saku selanjutnya adalah Politeknik Energi dan Mineral Akamigas atau yang biasa disingkat PEM-AKAMIGAS.

    Sekolah ini berada di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam serta berlokasi di wilayah Rig dan pengeboran minya tepatnya di Cepu, Blora, Jawa Tengah.

    Apabila ingin tahu informasi lebih lanjut tentangnya, silahkan kunjungi www.akamigas.ac.id/stem/


  31. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STIPAR)
  32. Tertarik mendalami dunia pariwisata? Jika iya maka sekolah kedinasan gratis satu ini adalah pilihan terbaik bagimu.

    STP Bandung atau yang dikenal juga sebagai sekolah tinggi pariwisata Bandung berlokasi di jalan Dr Setiabudi nomor 186 Bandung, Jawa Barat.

    Perguruan tinggi kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia dengan situs resminya yaitu www.stp-bandung.ac.id


  33. Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan Surabaya
  34. Poltekkes Depkes Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi kesehatan yang berada di bawah pengawasan Departemen Kesehatan Indonesia.

    Untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan ini tidaklah mudah, calon peserta didik wajib melewati seleksi yang ketat. Maka dari itu, sangat perlu untuk menyiapkan mental sejak dini.

    Sekolah ilmu kesehatan ini beralamatkan di jalan Pucang Jajar Tengah nomor 56, Kota Surabaya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.poltekkesdepkes-sby.ac.id


  35. AKMIL (Akademi Militer)
  36. Siapa yang tidak kenal dengan AKMIL? Merupakan salah satu sekolah kedinasan bergengsi di Indonesia. 

    Ialah tempat pendidikan khusus bagi mereka yang ingin jadi abdi negara atau TNI angkatan darat serta Perwira Prajurit Karier TNI.

    Sekolah pendidikan militer ini berlokasikan di Magelang, Jawa Tengah. Jika tertarik ingin mendaftar, kamu bisa mendaftar langsung di website resminya www.akmil.ac.id


  37. AKPOL (Akademi Kepolisian)
  38. Akademi kepolisian atau yang biasa disebut AKPOL ini merupakan sekolah kedinasan yang mencetak para perwira kepolisian profesional.

    AKPOL berdiri di bawah pengawasan Kepala Lembaga Pendidikan Polri. Kampusnya terletak di jalan Sultan Agung nomor 131, Gajah Mungkur, Semarang.

    Untuk informasi lengkap terkait pendaftaran, silahkan kunjungi website resminya yaitu www.akpol.ac.id.


  39. STT (Sekolah Tinggi Tekstil)
  40. Sekolah Tinggi Tekstil adalah satu-satunya perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan ahli dalam bidang tekstil. Sehingga wajar saja jika seleksi untuk masuk ke STT lumayan sulit dan butuh perjuangan.

    Sekolah kedinasan gratis serta dapat uang saku ini beralamatkan di jalan Jakarta nomor 31, kota Bandung.

    Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait pendaftarannya, silahkan kunjungi websitenya di www.stttekstil.ac.id.


  41. AAU (Akademi Angkatan Udara)
  42. Sekolah kedinasan ini berlokasikan di Alamat Jalan Laksda Adisutjipto, Jl. Maredan No.KM, RW.10, Mereden, Sendangtirto, Kec. Kalasan, Sleman, Yogyakarta 55281.

    Adapun untuk informasi lengkap tentang pendaftaran maupun yang berhubungan dengannya bisa didapatkan di website www.aau.ac.id


  43. AAL (Akademi Angkatan Laut)
  44. Sekolah akademi angkatan laut beralamatkan di Bumi Moro, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60178.

    Tertarik ingin mendaftar disini? Kamu bisa mendapatkan informasi lengkapnya di situs resminya yaitu www.aal.ac.id


  45. Politeknik APP (Akademi Pimpinan Perusahaan)
  46. Merupakan salah satu sekolah kedinasan yang terletak di jalan Timbul 34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

    Adapun untuk informasi lengkap seputar pendaftarannya bisa kamu dapatkan di website resminya di www.poltekapp.ac.id


  47. STPI Curug (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)
  48. Sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku ini beralamatkan di Jalan Raya PLP Curug, Tangerang. Jadi untuk kamu yang ingin mendaftar bisa datang langsung kesana.

    Sedangkan jika ingin cari tahu informasi lebih lanjut tentangnya, silahkan kunjungi www.stpicurug.ac.id


  49. Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI)
  50. Tertarik ingin memperdalam ilmu dalam manajemen? Silahkan lanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Manajemen industri.

    Sekolah ini beralamatkan di jalan Letjen Suprapto 26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Adapun untuk info lebih lengkap tentangnya, bisa cek di www.stmi.ac.id


  51. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Negara(STIA-LAN)
  52. Sekolah kedinasan dapat uang saku ini bertempat di jalan Hayam Wuruk No.34-38, Citarum, Bandung Wetan, Jawa Barat 40115.

    Adapun untuk informasi lebih lanjut terkait STIA-LAN bisa kamu dapatkan di website resminya di www.stialanbandung.ac.id


Syarat Daftar Sekolah Kedinasan

Jika ingin mendaftar sekolah kedinasan, terlebih dahulu kamu wajib mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

  • Scan Kartu Keluarga dalam format jpg dengan ukuran 100-200 Kb
  • Scan KTP dengan ukuran 100-200 Kb dalam format jpg
  • File ijazah ukuran 100-700 Kb dalam format PDF
  • File scan rapor SMA/Sederajat ukuran 100-700 Kb berbentuk PDF
  • Pas foto latar merah dalam bentuk file ukuran 100-200 Kb dalam format jpg dan ukuran 4X6 cm.
  • Adapun dokumen lainnya diuplad dalam format sesuai ketetapan instansi


Cara Daftar Sekolah Kedinasan

  1. Kunjungi website SSCASN di link https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCASN sekolah kedinasan lalu cetak kartu informasi akun
  3. Login menggunakan akun tersebut sesuai NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Unggah swafoto, pilih sekolah kedinasan, lengkapi nilai, biodata, serta berkas lainnya apabila diperlukan.
  5. Periksa resume dan cetak kartu pendaftaran
  6. Nantinya berkas yang masuk akan diperiksa verifikator instansi sekolah kedinasan
  7. Login kembali ke portal SSCN untuk cek status kelulusan verifikasi administrasi
  8. Peserta yang lulus verifikasi akan diberikan kode billing pembayaran tergantung aturan sekolah kedinasan terkait
  9. Cetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima atau terkonfirmasi oleh pihak sekolah kedinasan
  10. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di sekolah kedinasan.
  11. Informasi kelulusan nantinya akan diumumkan oleh Panitian Seleksi Seolah Kedinasan Instansi di SSCN.


Penutup

Itulah penjelasan dari saya terkait sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku. Saya berharap teman-teman sekalian bisa diterima di sekolah kedinasan tersebut. Teruslah berusaha dan jangan pernah menyerah!


Baca juga: