Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Islam di Indonesia

Prospek kerja Manajemen Pendidikan Islam

Mungkin hanya ada sedikit orang saja yang ingin tahu prospek kerja manajemen pendidikan Islam. Hal ini sangat wajar mengingat minat lulusan SMA atau SMK sangat sedikit pada jurusan manajemen pendidikan Islam.

Tetapi apabila kamu termasuk orang yang tertarik ingin mempelajari pengelolaan dan pengaturan kebijakan pendidikan di Indonesia, bisa coba masuk ke jurusan ini.

Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan perencanaan, pengawasan, dan pengelolaan proses pendidikan di sekolah maupun lembaga pendidikan Islam.

Mengingat saat ini mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, tentu lembaga pendidikan yang mengutamakan nilai keagamaan khususnya Islam sangat banyak di Indonesia.

Perlu kamu tahu bahwa prospek kerja manajemen pendidikan Islam sangat banyak, diantaranya yaitu:


Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Islam

  1. Tenaga Administrasi Pendidikan
  2. Meskipun gaji seorang tenaga administrasi di lembaga pendidikan atau sekolah bervariasi tergantung kebijakannya, tetapi pekerjaan ini cukup menarik untuk dijalani.

    Nantinya kamu akan bertugas mengelola segala hal yang berkaitan dengan administrasi sekolah atau yang biasa dikenal sebagai staf tata usaha.

    Adapun gajinya berada di kisaran 1 sampai 3 juta rupiah per bulannya. Bahkan kadang bisa lebih tergantung kebijakan yang berlaku di sekolah tersebut.


  3. Konsultan Pendidikan
  4. Sarjana manajemen pendidikan Islam bisa juga memilih bekerja sebagai konsultan pendidikan di lembaga sekolah Islam.

    Umumnya tugas utamanya adalah memberi masukan dan saran terkait pengelolaan sekolah, sistem pendidikan berbasis Islam, program pendidikan yang berorientasi pada penciptaan karakter anak, dan sejenisnya.

    Biasanya gaji seorang konsultan pendidikan di sekolah Islam tergantung pada sistem yang berlaku di sana. Namun rata-ratanya adalah sekitar 2 sampai 4 juta per bulannya.


  5. Peneliti
  6. Menjadi peneliti dalam bidang pendidikan juga bisa jadi salah satu pilihan menarik bagi para lulusan manajemen pendidikan Islam.

    Sesuai dengan nama jurusannya, nantinya kamu akan meneliti dan terfokus bagaimana mengelola dan mengembangkan pendidikan berbasis agama Islam ini.

    Umumnya gaji yang diterima seorang peneliti adalah sekitar 3 juta rupiah. Namun tak menutup kemungkinan bahwa semakin kredibel penelitianmu maka semakin tinggi pula gajimu.


  7. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  8. Prospek kerja manajemen pendidikan Islam yang lainnya adalah menjadi PNS dan bekerja di kementerian pendidikan.

    Namun tentu saja untuk bisa menjadi ASN, kamu perlu melewati tahapan seleksi yang ketat berupa tes CPNS.

    Gaji yang didapatkan ASN bekerja di Kementerian pendidikan bisa mencapai angka jutaan rupiah. Minimal 3 juta rupiah per bulan, itupun belum termasuk tunjangan dan lain-lain.


  9. Guru Pendidikan Agama Islam
  10. Entah itu lulusan PAI maupun manajemen pendidikan agama Islam, keduanya sama-sama punya peluang untuk berkarier sebagai guru agama di sekolah. Baik itu di tingkatan SD, SMP, dan SMA.

    Pada dasarnya, menjadi seorang tenaga pendidik tak mesti harus mengejar gaji saja, tetapi juga memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk kebaikan umat.

    Yah, meskipun memang gaji seorang guru honorer di Indonesia masih butuh apresiasi yang lebih baik lagi. 

    Hal ini tak bisa dihindari sebab gaji guru honorer di berbagai daerah bergantung pada kebijakan lembaga pendidikan yang menaunginya. Biasanya sekitar ratusan ribu hingga satu juta rupiah.

    Tetapi apabila kamu sudah menjadi guru tetap atau PNS, tentu kamu akan mendapatkan gaji dan tunjangan yang lebih dari cukup.


  11. Dosen
  12. Sudah jadi rahasia umum bahwa untuk menjadi seorang dosen di kampus swasta atau negeri perlu menempuh pendidikan sampai jenjang minimal S2.

    Memiliki bekerja sebagai dosen adalah termasuk pilihan yang menarik sebab gaji yang ditawarkan berada di kisaran 4 juta rupiah ke atas.


  13. Pengelola Yayasan Pendidikan Islam
  14. Jurusan manajemen pendidikan Islam tentu tak terlepas dari hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengaturan program pendidikan di lembaga tertentu.

    Kamu juga bisa memilih berkarier sebagai pengelola yayasan pendidikan Islam yang bekerja demi kebaikan umat.

    Sehingga dalam hal ini kamu bekerja tak hanya untuk memenuhi kehidupan harian saja, tetapi juga untuk tujuan berkah dunia dan akhirat.

    Jadi tak heran bila gaji pengelola yayasan akan bervariasi. Bahkan tak jarang kamu akan menemukan ada pengelola yayasan yang ikhlas bekerja tanpa imbalan sepeser pun.


  15. Lembaga Swadaya Masyarakat
  16. Propek karier yang juga bisa kamu jadikan pilihan setelah lulus jurusan manajemen pendidikan Islam adalah bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terfokus pada pendidikan berbasis Islam.

    Umumnya tugas seorang LSM ini adalah memperjuangkan hak-hak anak yang ingin keadilan dalam bidang pendidikan.

    Setidaknya kamu akan mendapatkan gaji sebesar 2 juta rupiah yang insyaallah cukup untuk memenuhi kehidupanmu di masa depan.


  17. Supervisor Pendidikan
  18. Pada tiap lembaga sekolah pastinya akan selalu ada tim pengawas atau yang lebih dikenal dengan supervisor pendidikan.

    Tugas utamanya adalah mengembangkan dan memaksimalkan kemampuan dan kelebihan sistem pendidikan yang ada. Termasuk juga pelayanan terhadap seluruh siswa di sekolah tersebut.

    Gaji yang akan didapatkan untuk profesi ini adalah sekitar 4 juta rupiah per bulan. 

    Tetapi untuk supervisor pendidikan di sekolah swasta yang bonafit jelas akan menerima bayaran lebih tinggi, biasanya di atas 5 juta rupiah per bulan.


  19. Manajer Lembaga Pendidikan
  20. Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia ada beberapa lembaga pendidikan berbasis swasta atau model bimbingan belajar yang tujuannya meningkatkan mutu pendidikan sekaligus mencari profit.

    Pada dasarnya tiap lemabaga pendidikan yang punya orientasi bisnis pastinya selalu punya manajer lembaga pendidikan.

    Bagi kamu lulusan manajemen pendidikan Islam, tentunya dapat berkesempatan memilih berkarier dalam bidang ini.

    Tanggung jawabmu adalah merencanakan dan mengimplementasi strategi pendidikan yang lebih jitu bagi para siswa.

    Adapun untuk gajinya, berada di kisaran 5 juta rupiah ke atas. Tergantung dari prospek lembaga pendidikan yang dikelola.


Penutup

Demikianlah artikel tentang prospek kerja manajemen pendidikan Islam ini. Semoga apa yang dijelaskan pada artikel ini bisa bermanfaat bagimu. Terima kasih.


Jangan Lewatkan: