19 Universitas yang Menjamin Langsung Kerja Para Lulusannya - Hidupcu.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

19 Universitas yang Menjamin Langsung Kerja Para Lulusannya

Universitas yang Menjamin Langsung Kerja

Bagi calon mahasiswa baru tentunya mengharapkan masuk universitas yang menjamin langsung kerja. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa banyaknya pengangguran setelah lulus kuliah.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa memang salah satu faktor yang menyebabkan seseorang menganggur adalah karena kesalahan dalam pemilihan jurusan dan universitas.

Pemilihan jurusan yang salah membuatmu jadi malas mengikuti alur perkuliahan karena membuatmu merasa terbebani. 

Adapun memilih universitas yang bercitra buruk akan menyebabkan kamu sebagai lulusannya dianggap negatif nantinya.

Maka dari itu, sangat penting sedari awal mengutamakan masuk ke universitas yang menjamin lulusannya langsung kerja.

Mau tahu apa saja universitas yang menjamin langsung kerja itu? Yuk simak baik-baik postingan ini hingga akhir.


Universitas yang Menjamin Langsung Kerja

  1. Universitas Swasta yang Menjamin Langsung Kerja
    1. Universitas Bina Nusantara (Binus)
    2. Universitas Binus adalah salah satu kampus swasta terbaik pertama yang sangat mengutamakan kualitas para lulusannya.

      Para alumni Binus telah dibekali pengetahuan akan teknologi yang trend saat ini. Jadi wajar saja jika para lulusannya cepat dapat kerja. 

      Perlu kamu tahu juga bahwa kampus Binus masuk dalam deretan kampus swasta terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi 2021.

      Berdasarkan keunggulan tersebut, tentunya akan sangat mudah bagi para alumni Binus mendapatkan pekerjaan serta menjadi incaran dunia industri.


    3. Universitas Telkom
    4. Universitas yang menjamin langsung kerja berikutnya adalah Telkom. Kampus ini juga dikenal sebagai Tel-U dan merupakan kampus terbaik kedua setelah Binus versi Webometric.

      Universitas Telkom berkomitmen menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global serta menciptakan budaya riset dan inovasi yang berguna untuk kemajuan masyarakat.

      Kampus ini selalu berupaya memberikan banyak bekal ilmu pengetahuan teknologi bagi para alumninya serta mengandalkan budaya riset multi disiplin untuk menciptakan inovasi bagi bangsa.

      Karena lulusan Tel-U sering jadi incaran dunia industri, jadi tak heran jika para lulusannya cepat dapat pekerjaan.


    5. Universitas Trisakti
    6. Kampus swasta yang menjamin langsung kerja lainnya yaitu universitas Trisakti. Kampus ini memiliki visi menciptakan sumber daya manusia berintelektual dan punya daya saing.

      Para lulusannya dipersiapkan untuk bisa bersaing secara global, entah di dalam maupun di luar negeri.

      Mengandalkan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni menurut disiplin ilmu yang ditekuni, diharapkan para alumni trisakti bisa ikut andil dalam memajukan masyarakat maupun dunia industri.

      Bermodalkan kualitas sumber daya manusia unggul, membuat para alumni kampus trisakti banyak dicari perusahaan-perusahaan besar.


    7. Universitas Mercu Buana
    8. Selanjutnya untuk posisi keempat kampus swasta terbaik adalah Universitas Mercubuana (UMB). 

      Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi unggulan yang berfokus menciptakan lulusan profesional guna memenuhi kebutuhan dunia kerja.

      Selain itu, Universitas Mercubuana juga terus berusaha mengembangkan kompetensi serta etika profesionalisme para lulusannya.

      Dengan membekali para lulusannya dengan pengetahuan dan wawasan sesuai kebutuhan industri, maka tak heran jika alumni UMB banyak direbutkan perusahaan.


    9. Universitas Tarumanegara (Untar)
    10. Universitas Tarumanegara adalah salah satu kampus terbaik yang juga turut andil mencetak lulusan unggul dan profesional di Asia Tenggara.

      Sudah menjadi rahasia umum bahwa lulusan Untar banyak dicari perusahaan karena profesionalisme dan kemampuan entrepreneurship yang dimiliki.

      Selain itu, lulusannya yang dibekali dengan pengetahuan dalam bidang teknologi dan seni diharapkan mampu berguna bagi masyarakat dan ikut berperan dalam dunia industri.


    11. Universitas Nusa Mandiri (UNM)
    12. Berbekalkan ilmu pengetahuan dan inovasi berbasis teknologi, membuat para lulusan UNM banyak jadi rebutan perusahaan industri. Baik itu perusahaan nasional maupun BUMN.

      Hal ini bukan tanpa alasan, lulusan kampus swasta terbaik ini telah dibekali banya pengetahuan dan kompetensi yang bertarafkan nasional maupun internasional.

      Kampus UNM juga rutin mengadakan event-event karier atas kerjasamanya dengan ribuan perusahaan. 

      Ini jelas sangat bermanfaat untuk membuka peluang bagi para pencari kerja maupun perusahaan yang mencari tenaga kerja berkualitas.

      Bertumpu pada skill yang berkualitas serta kemampuan inovasi yang tinggi membuat para lulusan UNM diincar perusahaan sehingga nyaris sangat sedikit lulusannya pengangguran.


    13. Universitas Gunadarma
    14. Universitas yang menjamin langsung kerja berikutnya adalah Gunadarma atau lebih dikenal dengan Gundar atau UG.

      Kampus ini sering mengadakan pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk menciptakan sumber daya manusia berkarakter dan kompetitif.

      Universitas Gunadarma selalu mengutamakan keunggulan yang kompetitif. Sehingga wajar saja jika para alumninya memiliki banyak peluang menjanjikan di dunia kerja.

      Karena telah mencetak banyak lulusan berkarakter, maka alumninya pun seringkali jadi bahan rebutan perusahaan nasional maupun internasional.

      Di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat ini tentunya membuka peluang yang luas bagi para alumninya untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.


    15. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika)
    16. Selama 33 tahun mengabdikan diri pada dunia pendidikan, Universitas BSI selaku kampus swasta terbaik telah turut aktif menyumbang banyak tenaga kerja profesional yang berkualitas di perusahaan.

      Banyak para alumni BSI yang jadi incaran perusahaan karena memang kompeten, kreatif, dan kompetitif.

      Apalagi kerja samanya dengan banyak stakeholder membuat para lulusannya semakin berpeluang mendapatkan pekerjaan sesuai bidang ilmu yang digeluti.


    17. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
    18. Universitas yang menjamin langsung kerja lainnya adalah UMN. Ia merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang mengunggulkan bidang ICT.

      Lulusan UMN yang telah dibekali pengetahuan dan wawasan di bidang ICT membuatnya jadi punya keahlian untuk dapat bersaing secara global.

      Komitmen yang dimiliki UNM untuk menciptakan lulusan berkualitas dalam bidang ICT membuat para lulusannya gampang diterima di berbagai perusahaan berbasis teknologi.


    19. BRI Institute
    20. Keunggulan yang dimiliki BRI Institute dalam bidang teknologi dan bisnis membuatnya mampu berkomitmen untuk menciptakan lulusan yang unggul dan terampil.

      Universitas swasta yang menjamin langsung kerja ini selalu mengedepankan keunggulan dalam hal keuangan mikro maupun perbankan berbasis teknologi.

      Inilah yang membuat para alumni BRI Institute banyak dicari perusahaan swasta maupun BUMN yang bergerak dalam bidang perbankan berbasis teknologi.


  2. Universitas Negeri yang Menjamin Langsung Kerja
    1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
    2. Peringkat pertama universitas yang menjamin langsung kerja di Indonesia adalah Institut Pertanian Bogor.

      Namun perlu kamu tahu bahwa meski namanya institut pertanian, namun di IPB juga ada  program studi lain yang tak kalah menarik seperti ilmu komputer, komunikasi, dan bisnis.


    3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
    4. Masih berlokasikan di Jawa Barat, ITB masih menjadi universitas jurusan teknik yang menduduki peringkat kedua yang para alumninya cepat dapat kerja.

      Sebenarnya tak mengherankan, mengingat ITB benar-benar terfokus pada kualitas program studinya yang terdiri dari teknik maupun manajemen bisnis.


    5. Universitas Indonesia (UI)
    6. Universitas negeri lainnya yang cepat dapat kerja adalah UI. Universitas ini juga masih menjadi salah satu pencetak alumni-alumni berkualitas pada tiap bidangnya. Entah itu mulai dari sarjana maupun sekolah vokasi.


    7. Universitas Gadjah Mada (UGM)
    8. Para alumni Universitas Gadjah Mada cukup terkenal sebagai pribadi yang pintar, kreatif, dan tanggap isu terkini.

      Mau tahu siapa saja para lulusannya yang hebar-hebat? Yaitu Pak Ginanjar Gubernur Jawa Tengah dan Ibu Retno Marsudi Menteri Luar Negeri.


    9. Universitas Airlangga (UNAIR)
    10. Untuk posisi kelima sebagai universitas yang menjamin langsung kerja adalah UNAIR atau Universitas Airlangga yang beralamatkan di Surabaya.

      Kampus ini terkenal memiliki 13 fakultas dan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Asia, Eropa, dan Amerika.


    11. Universitas Diponegoro (Undip)
    12. Tertarik untuk masuk Universitas Diponegoro? Tak perlu khawatir. Kampus ini telah memiliki banyak program studi terakreditasi yang bisa dipilih. Bahkan para mahasiswanya ikut aktif berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.


    13. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
    14. Kampu ini telah dibangun sejak tahun 1954 dan menjadi salah satu perguruan tinggi unggulan untuk bidang sains serta teknologi di Indonesia.

      ITS setidaknya punya 184 laboratorium yang tersebar di 7 fakultas untuk menunjang penelitian yang bertujuan menciptakan riset guna memajukan masyarakat luas.


    15. Universitas Brawijaya (UB)
    16. Universitas negeri yang menjamin langsung kerja berikutnya adalah UB. Kampus hits ini belokasikan di Malang, Jawa Timur dan punya alumni hebat seperti Pak Djarot Syaiful, Gubernur DKI Jakarta.

      Karena banyaknya yang berminat ingin kuliah di sana, maka persaingan dan seleksi pun semakin ketat.


    17. Universitas Sebelas Maret
    18. Perlu kamu tahu juga bahwa ada loh kampus di Surakarta yang banyak menghasilkan alumni berkualitas, yaitu Universitas Sebelas Maret.

      Kampus ini bekerja sama dengan 40 kampus terbaik di dunia serta memperoleh sertifikasi internasional di beberapa prodi.


Penutup

Itulah beberapa penjelasan dari kami terkait macam-macam universitas yang menjamin langsung kerja. Semoga informasi yang kamu bagikan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian yang sebagai bahan pertimbangan memilih universitas.


Baca Juga: