Biaya Sekolah Marshaller Pesawat di Indonesia Perbulan dan Syaratnya - Hidupcu.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Biaya Sekolah Marshaller Pesawat di Indonesia Perbulan dan Syaratnya

Sekolah Marshaller

Bagi kamu yang belum tahu, sekolah marshaller ialah pendidikan terbaik yang mengajarkan pelatihan sumer daya manusia berkompeten agar dapat bekerja di bidang maskapai penerbangan.

Adapun setiap siswa yang lulus dari pendidikan ini akan mendapatkan sertifikat kompetensi khusus dan dapat bekerja di beberapa maskapai penerbangan yang jadi mitra sekolah tersebut.

Untuk kamu yang ingin berkarir dalam bidang penerbangan, perlu dicatat bahwa profesinya tak hanya tentang pilot maupun pramugari saja. 

Tetapi ada juga yang disebut Aircraft Marshaller, tugasnya adalah memarkirkan pesawat setelah mendarat dan memasuki landasan parkir.

Jangan pernah meremehkan profesi satu ini yah, karena jelas untuk urusan gaji dan gengsi jauh lebih mentereng dibandingkan mereka yang berkerah maupun berdasi.

Mau tahu lebih detail tentang biaya sekolah marshaller pesawat yang ada di indonesia? Yuk simak penjelasannya berikut ini.


Apa itu Sekolah Marshaller

Sebenarnya yang dimaksud dengan sekolah marshaller adalah suatu pendidikan yang ditujukan untuk para mahasiswa yang ingin jadi ground staff.

Umumnya dalam pekerjaan ini dibutuhkan skill pengetahuan tentang dunia penerbangan, complain handling, penguasaan Bahasa Inggris, serta keahlian dalam customer service.

Bahkan untuk beberapa dimiliki Arlan ground staff di AVIA mempunyai standar kurikulum khusus yang disusun secara profesional dan cermat. 

Dimana ada kompetensi tambahan yang sangat membantu menyeimbangkan pendidikan penerbangan secara optimal.


Tugas Mashaller Bandara

Tugas dari mashaller adalah memberi komando yang benar dan tepat kepada pilot dalam bentuk isyarat visual agar pesawat bisa terparkir dengan baik. Entah itu di bandara, kapal induk, maupun helipat.

Profesi sebagai mashaller haruslah berhati-hati karena untuk memarkirkan pesawat yang ukurannya besar tak boleh lengah sedikitpun. Maka dari itu sebelum kerja harus di diklat dulu di sekolah mashaller.


Pengertian Mashaller dalam Bahasa Inggris

Mashaller sebenarnya diambil dari bahasa inggris yang artinya komando. Hal ini mengacu pada tugas mashellar yang memang mengkomandoi pilot untuk terus berputar, memperlambat, menghentikan, dan menutup mesin pesawat.


Syarat Sekolah Marshaller

Sama seperti jenis pendidikan lain pada umumnya, sekolah marshaller juga punya syarat khusus yang harus dipenuhi.

Untuk dapat mengenyam pendidikan di sekolah marshaller kamu harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Memiliki kelengkapan dokumen penting terkait data diri
  • Berusia minimal 18 sampai 27 tahun
  • Tidak menggunakan tindik
  • Minimal lulusan SMA atau sederajat
  • Untuk pria, tingginya minimal 165 cm dan dengan berat badan ideal. Sedangkan wanita tinggi minimalnya 160 cm.
  • Tidak menggunakan tato
  • Tak buta warna

Adapun untuk dokumen yang harus dibawa pada saat pendaftaran di sekolah mashaller antara lain:

  • Fotocopy KTP
  • Ijazah terakhir
  • SKCK
  • Kartu Keluarga
  • Surat keterangan sehat
  • Pas foto latar biru ukuran 2x4 dan 3x4 masing-masing sebanyak 4 lembar
  • Surat keterangan bebas narkoba

Apabila kamu telah memenuhi semua persyaratan umum di atas, maka bukan tak mungkin kamu akan lolos seleksi jika tak ada syarat tambahan lainnya.

Sebab untuk beberapa lembaga pelatihan sekolah mashaller kadang ada kebijakan yang menambahkan syarat khususnya.


Fasilitas Sekolah Marshaller

Adapun fasilitas yang akan kamu dapatkan nantinya jika memilih masuk ke sekolah mashaller yaitu sebagai berikut:

  • Fasilitas security awareness
  • Kaos diklat
  • ID Card
  • Pin Wings
  • Ruangan ber AC
  • Modul
  • Satu set Seragam
  • Sertifikat
  • Biaya OJT
  • Lisensi/SKTP dari Kementerian Perhubungan Udara
  • Free Wifi
  • Perpustakaan
  • Notebook
  • Totebag
  • Pena


Berapa Biaya Sekolah Marshaller Pesawat?

Berbicara tentang biaya, sekolah marshaller Jogja Flight menerapkan biaya pendidikan yang bervariasi pada para pendaftarnya. Diantaranya yaitu kelas reguler, kelas umum, dan kelas khusus untuk lebih detail, silahkan cek info resminya di Jogja Flight

Namun secara umum setidaknya ada dua biaya sekolah mashaller perbulan yang perlu dibayar jika ingin masuk, yaitu biaya pendidikan dan uji lisensi. 

Tetapi beberapa sekolah mashaller kadang ada yang menggabungkannya menjadi satu paket pembayaran. Umumnya dalam kisaran Rp.8.000.000 sampai Rp. 10.000.000.

Karena angka tersebut adalah kisaran, maka bisa saja kamu mendapatkan pembayaran yang lebih murah atau mungkin lebih mahal.

Khusus kampus penerbangan AVIA sendiri biayanya untuk satu bulan kelas pelatihan marshaller dapat dirincikan seperti berikut ini:

Biaya pendaftaran = Rp. 300.000

Biaya pendidikan = Rp. 4.500.000

Biaya Lisensi = Rp. 5.000.000

Semua biaya tersebut tentu saja sudah termasuk dengan fasilitas yang didapatkan selama sekolah sebulan di kampus. 

Biaya tersebut masih dalam bentuk kotornya. Jadi kamu masih harus menyediakan biaya lain untuk urusan akomodasi harian, on job training, keperluan wisuda, dan lain-lain. Sehingga untuk amannya, lebih baik siapkan uang belasan juta.

Perlu diketahui bahwa program pendidikan sekolah Marshaller memudahkan para pendaftarnya untuk melakukan pendaftaran secara offline maupun online. Termasuk dalam hal pembayarannya yang bisa melalui transfer maupun cash.

Catatan:

  • Biaya pendidikan sekolah mashaller dapat dicicil 2x selama masa pendidikan berlangsung
  • Pembayaran harus dilunasi tepat waktu
  • Pembayaran paling lambat dilunasi sebelum mengikuti ujian lisensi
  • Syarat dan ketentuan berlaku


Keuntungan Sekolah Marshaller

Jika dilihat sepintas dari biayanya, mungkin akan terasa sangat mahal. Namun apabila dipertimbangkan lagi dari segi keuntungannya, maka biaya belasan juta tidaklah begitu besar. Hal ini karena beberapa alasan berikut:

  1. Penghasilan Mashaller begitu lumayan
  2. Untuk mashaller pemula biasanya akan mendapatkan gaji minimal lima juta per bulannya. Tentu saja nominal tersebut akan terus bertambah seiring dengan pengalaman dan senioritasmu.

    Dengan nominal gaji segitu pastinya untuk biaya pendidikan dan uji lisensi bisa balik modal hanya dalam dua sampai tiga kali gajian saja.


  3. Pendidikannya sangat singkat
  4. Keuntungan lainnya dari menjadi mashaller adalah waktu pendidikannya yang singkat. Jadi kamu tak harus lama-lama belajar untuk bisa mendapatkan lisensi Aircraft Marshaller.

    Dalam hal ini kamu tak usah sekolah bertahun-tahun layaknya mengejar karier lain. Bahkan ada loh lembaga pendidikan mashaller yang mengadakan pelatihan hanya dalam tujuh hari. Tentu saja ini akan sangat menghemat waktumu.


Risiko Seorang Mashaller

Sudah sewajarnyalah jika tiap pekerjaan punya risikonya tersendiri. Dibalik besarnya gaji yang diterima mashaller ternyata terdapat risiko yang besar pula.

Bayangkan saja, tugasmu nantinya adalah memarkirkan pesawat take off yang ukurannya sangat besar. Bahkan tak menutup kemungkinan kamu akan diganggu oleh cuaca buruk semacam hujan atau angin kencang.

Bila tak hari-hati dan sigap, tentu saja potensi kecelakaan akan selalu datang mengintai. Apalagi kamu harus bertanggung jawab untuk keselamatan 250 jiwa penumpang untuk satu pesawat.

Misalkan kamu harus memarkirkan lima pesawat per harinya, itu artinya kamu harus bertanggung jawab untuk lebih dari seribu jiwa penumpang per hari. 

Lumayan berat bukan tanggung jawabnya? Maka dari itu seseorang wajib mengikuti diklat di sekolah mashaller.


Rekomendasi Dimana Sekolah Marshaller di Indonesia

Jika tekadmu sudah bulat untuk masuk ke sekolah mashaller, maka sepertinya kamu butuh rekomendasi sekolah dimana yang cocok untuk memulai kariermu.

Perlu kamu ingat lagi bahwa menjadi mashaller tak mengharuskanmu untuk sekolah bertahun-tahun. Cukup hanya dengan mengikuti program pendidikan kilat (diklat) kamu sudah bisa jadi mashaller.

Berikut ini adalah tujuh rekomendasi sekolah mashaller terdekat yang cocok untuk tempatmu menimba ilmu dalam memulai langkahmu.

  1. Kampus Penerbangan AVIA
  2. Sekolah mashaller satu ini bertempat di Bali dan punya koneksi dengan 50 perusahaan di bidang penerbangan. Sehingga untuk para lulusannya tak perlu khawatir mencari lapangan kerja.

    Skema belajarnya pun singkat dan sangat menghemat waktumu, cuma terdiri dari tiga tahapan yaitu:

    • Tahap pembelajaran
    • Tahap on job training
    • Rekomendasi kerja

    Untuk mengikuti program Aircraft marshaller, setidaknya kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar 4,5 juta untuk biaya pendidikan selama satu bulan dan 5 juta untuk biaya lisensi.

    Apabila benar-benar tertarik untuk mendaftar, silahkan hubungi kontak yang terdapat dalam website AVIA.


  3. Jogja Flight
  4. Terkhusus kamu yang berlokasikan di Jogja dan ingin menjadi Marshaller, bisa mengikuti program pelatihan dari sekolah mashaller Jogja Flight.

    Program pelatihan Aircraft Mashallernya sudah bekerja sama dengan Kemenhub dan masuk kategori GSE (Ground Support Equipment). Dimana salah satu syarat pentingnya adalah harus mahir berbahasa Inggris.

    Adapun untuk informasi lengkap seputar pendaftarannya, bisa kamu dapatkan dengan menghubungi kontak yang tertera di website Jogja Flight.


  5. SAS Training Center
  6. Sekolah penerbangan satu ini terletak di daerah Sukoharjo, Jawa Tengah. Lembaga Keterampilan Kerja ini menyiapkan tenaga kerja yang cakap di bidang perhotelan, penerbangan, dan pelayaran.

    Bagi kamu yang tertarik menjadi juru parkir pesawat, bisa memutuskan untuk ikut program singkatnya yaitu cuma 7 hari saja dengan biaya Rp. 8. 500.000. Itupun sudah termasuk biaya lisensinya.

    Ingin tahu info lebih lanjut terkait pendaftaran sekolah mashaller ini? Silahkan cek di website resminya SAS TC.


  7. Politeknik Penerbangan Palembang (Poltekbang)
  8. Bagi yang tinggal di Sumatera tak perlu lah jauh-jauh menyeberang pulang untuk belajar jadi Mashaller. Pasalnya kamu juga bisa ikut program pelatihan dari sekolah mashaller di Palembang yaitu Poltekbang.

    Waktu diklatnya pun hanya sekitar 15 hari dengan rincian 36 jam teori dan 46 jam praktik di lapangan. Jadi setelah diklat nanti kamu sudah bisa langsung terjun ke lapangan memarkirkan pesawat.

    Hanya saja Poltekbang menggelar programnya cuma untuk 10 orang saja tiap angkatannya. Hal ini agar peserta bisa benar-benar fokus menguasai Marshaller.

    Untuk informasi seputar biaya dan pendaftarannya bisa kamu konsultasikan di kontak yang tertera di situs resminya Poltekbang Palembang


  9. BP3 Cicurug
  10. Selain di tempat pelatihan swasta, ada juga loh tempat diklat Aircraft marshellar yang diselenggarakan pemerintah sebagai wujud upaya pengentasan pengangguran.

    Salah satu program pendidikan sebagai mashellar diadakan di BP3(Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan) di Tangerang sebagai wujud kerja sama dengan Pemda. BP3 ini juga adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Kemenhub.

    Program yang dijalankan pun berlangsung selama 10 hari dengan ilmu yang padat dan memungkinkanmu untuk bisa langsung bekerja setelah selesai diklat.

    Untuk informasi terkait biayanya masih belum jelas. Hanya saja sepengetahuan kami biasanya diklat yang diadakan pemerintah itu gratis karena memang tujuannya adalah pemberdayaan masyarakat.

    Adapun masalah waktu pelaksanaannya bisa kamu komunikasikan dengan Disnaker daerah setempat yang kira-kira punya program tersebut dalam waktu dekat.


Penutup

Demikianlah informasi menarik dari kami tentang biaya sekolah marshaller pesawat di indonesia perbulan dan syaratnya.

Semoga info akurat ini bisa memberi dukungan dan motivasi kepada seluruh siswa lulusan SMA maupun SMK agar bisa bekerja di tempat yang jadi impian. Selamat mencoba dan semoga berhasil mewujudkannya.

Jangan Lewatkan: