Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

22 Pakaian Untuk Interview Kerja Berjilbab Wanita Masa Kini

Pakaian Untuk Interview Kerja

Pakaian untuk interview kerja berjilbab masa kini adalah suatu hal yang wajib diperhatikan dan dimaksimalkan oleh kaum wanita saat ingin melamar pekerjaan di perusahaan.

Tak mesti branded dan berharga fantastis. Pakaian saat interview kerja berjilbab hanya perlu kelihatan formal, anggun, enak dipandang mata, dan tentunya sopan.

Ajaibnya, jika tahu trik padu padan pakaian interview untuk wanita yang benar, kamu bisa memenuhi beberapa kriteria tersebut dengan budget yang minim.

Berikut penjelasan dan gambar baju untuk interview khusus wanita yang mungkin bisa kamu jadikan referensi. Baik yang bersifat umum, maupun hitam putih. Pokoknya style kantor wanita banget deh.


Pakaian Untuk Interview Kerja


1. Kemeja polos

Pakaian Melamar Kerja Wanita Hijab

Untuk baju interview, kamu bisa menggunakan atasan kemeja polos berwarna netral yang tidak terlalu mencolok. Misalnya seperti warna putih atau abu-abu.

Gunakanlah hijab berbahan nyaman berwarna hitam atau nude.

Sedangkan untuk bawahan, kamu bisa memakai celana potongan baggy, rok span, kulot, maupun rok lipit. Tergantung yang mana menurutmu nyaman.

Agar terlihat lebih casual, bisa juga diberi tambahan aksesoris berupa jam tangan atau tas yang ukurannya tidak terlalu besar.


2. Kemeja bermotif

pakaian formal wanita untuk interview

Selain kemeja polos, kamu juga dapat menggunakan kemeja bermotif saat hendak mengikuti interview. Namun dengan catatan tetap menyesuaikan pada perusahaan yang dituju.

Gunakanlah model kemeja kerja wanita bermotif kotak atau garis vertikal sambil tetap menyesuaikan dengan warna hijabmu.

Bahkan jika memungkinkan, gunakanlah kemeja dengan motif yang tidak terlalu mencolok seperti animal print atau motif bunga yang terkesan ramai.


3. Blazer

pakaian formal interview kerja untuk wanita

Menggunakan blazer akan membuat tampilanmu terlihat lebih stylish dan menambah kesan profesional. Namun pastikan untuk tidak menggunakan warna-warna mencolok.

Pilihan warna blazer kantor wanita berjilbab yang cocok itu seperti hitam, abu-abu, coklat, dan putih. Tinggal menyesuaikan saja dengan warna pakaian yang kamu gunakan.

Sementara untuk bawahan, model baju kerja wanita berjilbab ini cocok dipadukan dengan celana kerja yang tak terlalu ketat atau rok span berwarna senada.


4. Trench Coat

pakaian formal wanita hijab

Trench coat adalah outer dengan desain perpaduan antara jas dan jaket. Umumnya, outer ini biasa digunakan saat musim dingin karena sifatnya yang menghangatkan tubuh.

Tetapi setelah banyak digunakan oleh ikon fashion dunia, kini model jas kerja wanita muslimah ini cukup digemari dan hampir cocok untuk semua event.

Penggunaan trench coat saat interview akan membuatmu terlihat lebih menarik. Gunakanlah yang warna nude atau hitam.

Kemudian padukan dengan model hijab simpel dan celana kerja potongan lurus atau tailored trouser berwarna basic.


5. Ruffles

pakaian melamar kerja wanita berjilbab

Selain kemeja model basic, kamu juga bisa memakai atasan beraksen ruffle (gelombang) pada bagian dada atau lengan atas.

Efek ruffle ini akan membuatmu kelihatan lebih feminin tanpa menghilangkan kesan formal pada outfit yang digunakan.

Atasan ruffle ini bisa dipadukan hampir dengan semua itu bawahan seperti kulot, celana kerja potongan baggy, maupun rok span. Tergantung yang mana nyaman menurutmu.


6. Baju Gamis

pakaian untuk interview kerja berjilbab di rumah sakit

Jika kamu termasuk cewek yang lebih suka tampilan feminin dan memberikan kesan religius, gunakanlah baju gamis.

Pilihlah gamis kerja formal yang pas di tubuhmu lalu padukan dengan warna hijab yang sesuai serta bermotif sederhana.


7. Jumpsuit

pakaian untuk interview kerja berjilbab di bank

Saat ini, mungkin orang yang biasa kamu temui menggunakan jumpsuit hanya untuk bermain atau hang out saja.

Namun tahukah kamu bahwa jika sesuai dengan perusahaan yang dituju, jumpsuit juga bisa dijadikan pakaian untuk interview kerja.

Gunakanlah jumpsuit polos berwarna netral dan usahakan yang berkerah. Bahkan bisa juga ditambahkan dengan ikat pinggang kecil, blazer, dan high heels sebagai pelengkap.


8. Vest

pakaian interview

Outer vest (blazer tanpa lengan) bisa jadi pilihan untukmu jika memang blazer biasa atau trench coat masih terlalu berat. Meskipun berbeda, namun masih memberikan kesan formal.

Gunakanlah vest berwarna netral seperti hitam, putih, atau abu-abu. Lalu padukan dengan kemeja polos atau atasan dengan aksen pada lengan. Ini akan membuatmu terlihat lebih chic.

Gunakanlah hijab berwarna netral. Sementara untuk bawahannya, kamu bisa menggunakan celana kerja potongan lurus atau celana kulot.


9. Tunik

tunik

Salah satu contoh pakaian formal wanita berjilbab adalah tunik. Yah, hal ini tak terlepas dari fakta bahwa memang tunik sangat nyaman digunakan.

Bagi kamu yang punya badan agak berisi dan ingin terlihat lebih ramping, cobalah gunakan tunik hitam dengan motif bergaris vertikal.

Terlebih lagi jika dipadukan dengan celana bahan potongan lurus dan sepatu heel warna senada. Tentunya itu akan membuat kamu jadi terlihat lebih panjang.

Sedangkan untuk menciptakan tampilan casual dan anggun, kamu bisa memadukan tunik dengan rok model plisket.


10. Atasan dengan detail ikat

pakaian kerja hitam putih

Jika kemeja putih masih terkesan simpel dan biasa menurutmu, mungkin kamu bisa memilih kemeja yang ada detail ikatnya atau knot seperti pita.

Selain kelihatan stylish, kamu juga akan tampak lebih profesional dalam wawancara kerja.

Kamu bisa memadukan atasan tersebut dengan celana kulot, palazzo, dan rok. Pokoknya kamu akan terlihat chic, feminin, dan rapi dalam waktu yang bersamaan.


11. Kemeja double layer

kemeja double layer

Perpaduan antara kemeja double layer warna pastel, celana bahan potongan cutbray di atas mata kaki, dan pointed heels akan membuatmu kelihatan formal dan tetap feminin.

Ini menjadi gaya pakaian kerja wanita hijab yang bisa kamu jadikan referensi.


12. Maxi Dress

maxi dress

Untuk mengikuti interview kerja, kamu bisa menggunakan maxi dress dengan detail peplum agar tampak lebih ramping. Apalagi jika dipadukan dengan heel.

Agar tidak terlalu mencolok, pilihlah warna-warna aman seperti coklat, hijau, abu-abu, dan biru dongker.


13. Paduan hijab, blus, rok lipit, dan blazer

pakaian wanita berjilbab

Contoh fashion wanita berjilbab yang satu ini akan membuatmu kelihatan lebih anggun, manis, feminin, dan fresh di saat yang bersamaan.

Bukan tidak mungkin kamu akan langsung diterima jika menggunakan pakaian untuk melamar kerja berjilbab yang satu ini.

Jadi bagi kamu yang ingin interview dengan dress code casual wanita, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pakaian casual wanita berjilbab ini.


Pakaian Melamar Kerja Wanita Berjilbab Hitam Putih

Beberapa perusahaan kadang memberlakukan aturan khusus terkait pakaian pelamarnya saat sesi interview. Misalnya keharusan mengenakan dress code hitam putih hijab.

Nah, untuk kamu yang bingung bagaimana memadukan pakaian wawancara wanita berjilbab berwarna hitam dan putih, mungkin beberapa contoh style hijab hitam putih di bawah ini bisa membantumu.


1. Kemeja putih dengan akses bordir

pakaian melamar kerja wanita hijab hitam putih

Untuk tampil formal tak mesti harus selalu terlihat kaku. Dengan sentuhan yang tepat, kamu bisa tampak stylish dan formal dalam waktu bersamaan.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan kemeja putih dengan aksen di bagian tangan atau dada. Tampilan baju putih wanita hijab ini tentu membuatmu jadi lebih elegan dan tidak biasa.


2. Kemeja putih dengan rok hitam

pakaian interview hitam putih

Untuk kamu yang ingin tampil simpel namun elegan, model pakaian interview wanita hijab ini bisa jadi pilihan cocok untukmu.

Model ini kadang juga digunakan sebagai baju kerja wanita bank maupun yang bekerja di rumah sakit.


3. Kemeja asimetris putih dan hijab bermotif

pakaian melamar kerja wanita berjilbab hitam putih

Penggunaan kemeja putih asimetris putih yang dipadukan dengan hijab bermotif dan celana hitam termasuk pilihan yang bagus.

Apalagi jika dipadukan dengan aksesoris seperti jam tangan atau tas yang berukuran tidak terlalu besar.

Pastinya akan membuat baju kerja hijab yang kamu kenakan jadi lebih elegan.


4. Blazer style

blazer style

Model blazer wanita masa kini sudah tak lagi monotone dan kaku. Hal ini yang membuatnya bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan gaya hijab.

Saat mau interview, pilihlah jenis long line blazer untuk tampilan gaya berhijab yang lebih fashionable.

Model blazer yang agak sedikit lebih panjang dan berwarna hitam, membuatnya jadi kelihatan lebih stunning.

Sedangkan untuk bawahan, kamu bisa memadukan baju kerja wanita hijab ini dengan trapped pants berbahan katun atau sifon demi memaksimalkan kesan formal.


5. Adorable Style

adorable style

Jika kakimu ingin kelihatan lebih panjang dan ramping, manfaatkanlah trapped pants berbahan wafle atau katun tebal yang nyaman.

Style ini termasuk cukup baik jika kamu ingin kelihatan tinggi saat mengikuti interview kerja.


6. Chic Choice Style

chic choice style

Bawahan berwarna putih memang tak dapat menciptakan kesan langsing di kaki. Namun gaya tersebut masih dapat disiasati dengan menggunakan sepatu heels.

Gunakanlah celana pensil berbahan katun tebal dan padukan dengan atasan panjang berwarna hitam.


7. Blus putih dengan aksen pita

pakaian kerja

Pakaian interview untuk wanita berwarna hitam putih yang satu ini cukup unik dan tak terkesan terlalu stylish.

Menggunakan atasan blus putih dan dipadukan dengan celana hitam, membuatmu terlihat lebih anggun dan tetap formal.


8. Minimalis style

Minimalis style

Gaya minimalis ini bisa kamu gunakan jika ingin terlihat lebih smart dan percaya diri. Berdasarkan hasil survey, rata-rata perusahaan kurang menyukai pelamar kerja yang terlalu stylish.

Untuk itu, para calon karyawan harus pintar-pintarnya memadukan pakaian agar terlihat stylish dan minimalis.

Adapun salah satu caranya adalah dengan memadukan baju putih polos wanita hijab berbahan sifon dan crop trousers berwarna hitam.


9. Strong feminist style

strong feminist style

Penggunaan rok pensil warna hitam dengan blazer senada telah menjadi gaya berpakaian yang sangat umum digunakan para pelamar kerja.

Padahal, rok pensil berwarna hitam juga dapat dipadukan dengan atasan putih.

Agar kelihatan tak terlalu over dressed, gunakanlah atasan warna putih sepanjang pinggang dan hindari model rempel.

Jangan lewatkan juga artikel menarik lainnya yang membahas tentang interview berikut ini: