Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jawaban Perkenalan Diri Saat Interview Kerja dan Contohnya

Jawaban Perkenalan Diri Saat Interview Kerja

Saat melamar kerja, mungkin kamu akan dimintai jawaban perkenalan diri saat interview. Bagi sebagian orang itu adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun beberapa orang lain kesulitan bagaimana cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate.

Padahal pada bagian ini termasuk penting karena cukup memengaruhi apakah nantinya kamu akan diterima kerja atau tidak.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dalam postingan kali ini saya akan membahas seputar wawancara perkenalan diri. 

Ini bertujuan agar nantinya kamu bisa belajar dan lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi interview kerja. Yuk, sama-sama kita simak contoh interview memperkenalkan diri berikut ini.


Jawaban Perkenalan Diri Saat Interview

Untuk menjawab pertanyaan seputar perkenalan diri saat interview, pastikan jawabanmu memuat beberapa unsur penting berikut ini.

  • Nama lengkap
  • Latar belakang pendidikan dan pekerjaan
  • Bidang yang dikuasai/ekspertis
  • Minat/keterampilan khusus
  • Pencapaian yang pernah diraih
  • Motivasi melamar kerja


Contoh Interview Memperkenalkan Diri

  • Contoh Perkenalan Diri 1
  • Nama saya Aris, lulusan tahun 2019 di Universitas Brawijaya. Sewaktu kuliah saya mempelajari organisasi ekonomi untuk seminar di perkuliahan, meneliti struktur organisasi, kultur, serta leadership melalui studi kasus di perusahaan global, NPO, dan lain-lain.

    Saya punya rasa ingin tahu yang tinggi dan senang bepergian 4 sampai 5 kali baik dalam maupun luar negeri tiap tahunnya untuk mengeksplore kebudayaan, serta bertukar budaya dengan penduduk sekitar.

    Negara terakhir yang saya kunjungi adalah Estonia, ialah negara yang maju dalam bidang IT. Saya juga tertarik mempelajari bahasa Inggris dan Cina dengan cara berkomunikasi langsung dengan koordinator mahasiswa dari negara tersebut di kampus saya. Sekian, terima kasih atas kesempatan yang Anda berikan.


  • Contoh Perkenalan Diri 2
  • Perkenalkan nama saya Abdul, lulusan Universitas Airlangga tahun 2019. Saya pernah bekerja selama lima tahun sebagai departmen sales di PT Sukses, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur spare part otomotif.

    Kebetulan saya telah menangani persiapan produk new-model dari berbagai customer perusahaan otomotif besar.

    Skripsi saya yang kebetulan tentang remote sensing berkaitan langsung dengan produk Anda. Berbekalkan ilmu yang saya miliki, yakin dan percaya bisa lebih membangun kepercayaan klien. 

    Apabila saya bergabung dengan perusahaan Anda yang merupakan top class di bidang sensor, kiranya bisa membantu perusahaan untuk lebih sukses dan besar dari sebelumnya. Mohon kerjasamanya untuk hari ini.


  • Contoh Perkenalan Diri 3
  • Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena telah mengundang saya untuk wawancara ini. Nama saya Anton, saya berumur 26 tahun dan baru saja pindah ke kota ini tiga bulan lalu dengan tujuan mencari pekerjaan yang sesuai keterampilan saya.

    Saya menyukai beberapa jajanan di jalanan sejauh ini. Kemudian setiap akhir pekan, saya sering berkeliling kota untuk menjelajahi tempat makan baru.

    Hobi ini tentunya membuat saya jadi lebih mengenal rute-rute dan jalanan di kota ini, sekaligus mempersiapkan diri secara profesional di lingkungan yang baru. Sebagai profesional penjualan, sudah semestinya jika saya banyak bepergian.


  • Contoh Perkenalan Diri 4
  • Perkenalkan nama saya Dina, saya adalah lulusan dengan gelar Sarjana Ekonomi tiga bulan lalu. Alasan memilih posisi ini adalah karena saya tertarik pada bidang ekonomi dan keuangan. Apalagi banyak yang mengatakan bahwa posisi tersebut mengarah ke jenjang karier yang bagus.


  • Contoh Perkenalan Diri 5
  • Nama saya Irma, saya telah menghabiskan waktu selama lima tahun terakhir mengembangkan keterampilan sebagai manajer layanan pelanggan untuk perusahaan yang bergerak dibidang teknologi. Mengelola tim dan memecahkan masalah yang ada merupakan hal yang saya sukai dari pekerjaan ini.


  • Contoh Perkenalan Diri 6
  • Perkenalkan nama saya Ikbal, saya adalah manajer HRD inovatif dengan pengalaman delapan tahun mengelola berbagai aspek fungsi HRD. Mulai dari perekrutan sampai pelatihan, semuanya sudah sering saya tangani. Terakhir saya bekerja di perusahaan yang masuk kategori Fortune 500.


  • Contoh Perkenalan Diri 7
  • Nama saya Naura, saya berumur 23 tahun, lulusan SMA dan pernah mengikuti kursus di Pare salam 3 bulan, serta pernah jadi juara lomba menulis bahasa Inggris tingkat provinsi. Sehari-hari saya masih aktif menulis artikel bahasa Inggris di blog pribadi.


  • Contoh Perkenalan Diri 8
  • Perkenalkan nama saya Dino, saya berusia 23 tahun dan merupakan lulusan sastra Inggris. Pernah menjadi mentor selama 4 bulan untuk persiapan ujian nasional dan jadi tutor lembaga kursus bahasa Inggris selama dua tahun.


  • Contoh Perkenalan Diri 9
  • Nama saya Indi, berasal dari Universitas Hasanuddin lulusan 2019. Selama menempuh pendidikan terakhir, saya melakukan penelitian dan magang di perusahaan PT Tekno sebagai programmer selama enam bulan.

    Saya tertarik belajar bahasa Inggris dan mengikuti kursus di Pare salam 3 bulan. Skill bahasa Inggris ini membantu saya dalam memahami ilmu pemrograman.


  • Contoh Perkenalan Diri 10
  • Nama saya Nurul, saya mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dengan peminatan Broadcast Journalism. Bidang ini cocok dengan kesukaan saya sejak kecil yaitu menulis, membuat cerita, dan membuat film.

    Saya tertarik bergabung ke perusahaan Anda karena disini sayang bisa berbagi informasi bermanfaat untuk banyak orang.


Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Perkenalan Diri

  1. Utamakan tata krama yang baik
  2. Ketika diundang datang ke tempat interview, pastikan kamu memberikan kesan yang baik pada pegawai lain maupun orang yang mewawancaraimu.

    Apabila bertemu resepsionis, sebaiknya perkenalkanlah dirimu dengan sopan lalu sebutkan nama dan tujuan kedatanganmu.

    Saat bertemu pewawancara, katakanlah bahwa kamu senang bertemu dengannya dan jangan lupa tersenyum sambil menjaga kontak mata. Jangan lupa juga untuk mengingat dan menyebut nama pewawancara agar ia semakin dihargai.


  3. Hindari telapak tangan yang berkeringat dan basah
  4. Meskipun sepele, ini cukup memberikan kesan buruk apabila diabaikan. Maka dari itu, usahakan sebelum wawancara tanganmu dalam keadaan kering dan bersih. 

    Kamu bisa izin ke toilet terlebih dahulu untuk mengelap tanganmu sebelum masuk ke ruang wawancara.


  5. Sampaikan perkenalanmu secara singkat dan jelas
  6. Ketika interview berlangsung, nantinya kamu akan diberi kesempatan memperkenalkan diri dengan pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda”.

    Kamu bisa mengawali dengan memperkenalkan nama, latar belakangmu, pekerjaanmu sebelumnya, minat, dan keterampilanmu yang berhubungan dengan posisi yang akan dilamar.

    Usahakan dalam penyampaiannya singkat, dan jelas tanpa bertele-tele yang membuat pihak recruiter malas mendengarnya. Sebisa mungkin hindari menjawab dengan kalimat yang sama persis pada CV.


  7. Fokus pada kualifikasi diri
  8. Agar pewawancara tertarik padamu, usahakan untuk lebih banyak membahas kelebihan dan kemampuan yang kamu miliki.

    Sampaikanlah dengan antusias misalkan kamu sering menulis di blog, punya buku yang akan diterbitkan, atau pencapaian lain yang berkaitan dengan posisi incaranmu.


  9. Selalu siap pada pertanyaan lanjutan
  10. Setelah memperkenalkan diri, tak jarang pihak recruiter juga akan menanggapi penjelesanmu dengan pertanyaan lanjutan.

    Jadi pastikan kamu mengingat hal-hal yang mendukung pernyataanmu sebelumnya. Terutama hal spesifik yang berkaitan tentang bagaimana dan dimana kamu menjalankan suatu proyek.


Penutup

Demikianlah pembahasan tentang jawaban perkenalan diri saat interview kerja dan contohnya. Semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan. Jadi pastikan untuk mempelajari dan memahami tips interview kerja ini yah.