Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Melamar Pekerjaan yang Baik Agar Lolos Interview

alasan melamar pekerjaan

Agar bisa diterima, seorang pelamar kerja terlebih dahulu harus menjalani fase interview. Dimana dalam fase tersebut ada banyak pertanyaan yang ditanyakan. Salah satunya adalah tentang alasan melamar pekerjaan.

Pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan ini bisa dibilang cukup penting, karena dapat memengaruhi apakah kamu akan diterima atau tidak.

Dari pertanyaan itu juga lah pihak perusahaan bisa tahu seperti apa tujuan dan ekspektasimu untuk kedepannya.

Maka dari itu, sebelum menjawab pertanyaan alasan melamar kerja, sangat penting untuk mempersiapkan jawaban yang tepat agar peluangmu untuk diterima kerja jadi semakin besar.


Apa sih Tujuan Kerja?

Secara umum, alasan seseorang melamar pekerjaan kebanyakan hanya untuk kepentingan pribadinya.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang biasa diutarakan orang saat ditanya tujuannya bekerja dan mungkin bisa kamu jadikan referensi.
  • Mencari pendapatan
  • Mencari pengalaman
  • Memenuhi kebutuhan sosial
  • Bekerja adalah ibadah
  • Menggunakan dan meningkatkan skill yang dimiliki
  • Mengejar karir dan jabatan
  • Mencari modal usaha

Cara Menjawab Alasan Melamar Pekerjaan dengan Baik

Dalam hal menjawab pertanyaan interview, haruslah dengan suara yang jelas dan tegas serta dibarengi dengan senyuman.

Meskipun nantinya jawabanmu kurang bagus, setidaknya itu bisa membantu memberikan kesan positif ke pihak HRD.

Ini juga berlaku untuk kamu yang mau interview kerja di bulog, pegadaian, rumah sakit, sekolah, dan BNN. Baik itu untuk posisi administrasi, produksi, kasir, maupun yang lainnya.

Contoh Alasan Melamar Pekerjaan yang Baik

Dalam pembahasan ini, saya telah menyediakan beberapa contoh alasan melamar kerja untuk beberapa instansi yang kiranya salah satunya nanti adalah tempatmu melamar.

Alasan Melamar Pekerjaan di BUMN

Saya ingin ikut berkontribusi dalam pembangunan meskipun saya harus ditugaskan di dalam ataupun di luar pulau Jawa.
Konteks di atas sangat cocok untuk kamu yang mencari alasan melamar pekerjaan di Pertamina (BUMN) atau di Kementerian.

Masuk ke lingkungan kerja ini tentunya menjadi impian yang sangat diupayakan oleh mayoritas orang. Entah itu fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman dalam bekerja.

Apabila kamu telah berhasil sampai di tahap wawancara, maka gunakanlah kesempatan berharga itu sebaik mungkin.

Dengan contoh alasan melamar pekerjaan di atas, setidaknya bisa meyakinkan pewawancara akan keseriusanmu untuk mengabdi sesuai posisi yang kamu lamar

Alasan Melamar Pekerjaan di Bank

Saya menawarkan diri untuk bergabung karena perusahaan ini adalah salah satu leading company perbankan.
Seleksi karyawan di bank memang tergolong panjang dan lama prosesnya. Jadi pada saat sesi interview, kamu harus dengan jelas memberikan alasan terbaikmu untuk melamar di pekerjaan tersebut.

Bahkan kamu juga bisa menambahkan alasan melamar kerja di bank itu karena sudah memerhatikan peningkatan dan pertumbuhannya.

Alasan Melamar Pekerjaan di Perusahaan

Perusahaan dan posisi inilah yang saya inginkan, karena bisa memberi saya ruang untuk berkarya secara signifikan.
Pada dasarnya, tujuan utama HRD menanyakan alasan melamar kerja ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi yang bisa kamu berikan nantinya jika diterima.

Jika kamu mampu memberikan alasan di atas disertai keterangan yang jelas bahwa potensimu bisa tersalurkan melalui perusahaan tersebut, tentunya interviewer akan semakin tertarik akan dirimu.

Atau kamu juga bisa menggunakan alasan ini jika melamar di perusahaan start-up:

Karena pilihan bisnis kreatif ini memiliki karakter yang tidak latah dan mainstream. Jadi sangat cocok untuk saya yang kurang menyukai yang mainstream.

Bagi kamu yang sedang berusaha masuk ke perusahaan start-up, jawaban ini bisa dikatakan relevan sesuai situasi yang ada.

Pihak perusahaan maupun pewawancara sekalipun akan menghargai alasanmu. Belum lagi jika disertai penjelasan singkat dari data yang telah diolah dan dipublikasikan ke kalangan umum.

Alasan Melamar Pekerjaan di Bidang Retail

Saya merasa lebih bersemangat kerja jika menyangkut bidang retail karena lapangan kerja ini termasuk challenging. Saya merasa sangat tertantang karena ada target yang harus dicapai.
Coba bayangkan jika seandainya kamu yang jadi HRD dan mendengar ada seorang pelamar yang memberikan alasan melamar kerja karena menyukai tantangan.

Bagaimana reaksimu?

Tentu akan menerimanya bukan?

Jadi dalam hal ini, alasan terbaik sudah kamu temukan. Tinggal bagaimana meyakinkan si HRD bahwa kamulah sosok yang benar-benar mereka cari.

Baca Juga : Jawaban Motivasi Kerja Saat Interview

Alasan Melamar Pekerjaan Bagi Fresh Graduate

Jika kamu masih fresh graduate, maka kamu bisa menjawab dengan alasanmu sendiri dengan tambahan penjelasan seperti apa citra perusahaan tersebut bagimu.

Pastikan untuk memberi alasan yang logis dan rasional sesuai kenyataan yang ada tanpa unsur melebih-lebihkan. Ini penting untuk menghindari kesan sebagai penjilat HRD.

Sedangkan untuk pertanyaan mengapa kamu melamar pada posisi tertentu, kamu bisa menjawab bahwa dirimu memiliki keahlian dan pengetahuan dalam bidang itu. Ditambah lagi kamu sangat menyukai pekerjaan tersebut.

Penutup

Itulah beberapa pilihan jawaban spesifik dan profesional yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan saat interview.

Namun alangkah lebih baiknya lagi jika sebelum melakukan interview, kamu mengumpulkan informasi tentang posisi dan perusahaan tempatmu akan melamar.

Ini cukup penting karena bisa membantumu menjawab pertanyaan dan akan terlihat lebih meyakinkan sebab didasari fakta.

Posting Komentar untuk "Alasan Melamar Pekerjaan yang Baik Agar Lolos Interview"