Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Anda yang Mau Interview Kerja di Bank, BUMN, dan Perusahaan

Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Anda yang Mau Interview Kerja di Bank, BUMN, dan Perusahaan

alasan melamar pekerjaan

Hidupcu.com - Untuk bisa diterima kerja pada suatu perusahaan tentunya Anda akan melalui yang namanya sesi wawancara yang didalamnya menanyakan alasan melamar pekerjaan. Pertanyaan alasan melamar pekerjaan ini sangat penting karena mempengaruhi apakah Anda bisa diterima kerja atau tidak. Pihak perusahaan bisa tahu tujuan dan ekspektasi Anda terhadap perusahaan berdasarkan pertanyaan alasan melamar pekerjaan.

Setiap orang yang ingin melamar pekerjaan pastinya memiliki alasan melamar kerja yang beragam. Tetapi ada juga kok beberapa alasan kuat untuk melamar pekerjaan yang cukup tepat untuk dijadikan jawaban saat interview.

Yuk kita simak dan cermati alasan melamar kerja yang tepat dan mengena di akal sehat dan hati interviewer agar Anda bisa lolos seleksi. Dalam poin-poin berikut sengaja dibuat agak spesifik agar Anda bisa lebih mudah dalam membayangkan cara menjawabnya.


Alasan Melamar Pekerjaan


1. Alasan Melamar Pekerjaan Di Bank


alasan melamar pekerjaan sebagai administrasi

Saya menawarkan diri untuk bergabung karena perusahaan ini adalah salah satu leading company perbankan.

Seleksi karyawan di bank tergolong panjang dan lama prosesnya. Jadi pada saat sesi interview Anda harus dengan jelas memberikan alasan terbaik untuk melamar pekerjaan di bank tersebut.

Dan Anda juga bisa menambahkan alasan melamar kerja di bank itu karena sudah memerhatikan peningkatan dan pertumbuhan tersebut.


2. Alasan Melamar Pekerjaan di BUMN


alasan melamar pekerjaan di pertamina

Saya ingin ikut berkontribusi dalam pembangunan meskipun saya harus ditugaskan di dalam ataupun di luar pulau Jawa.

Konteks di atas sangat cocok untuk Anda yang mencari alasan melamar pekerjaan di pertamina (BUMN) atau di kementrian.

Masuk dalam lingkungan kerja ini tentunya menjadi impian yang diupayakan oleh mayoritas orang. Entah itu fresh graduate atau yang sudah berpengalaman dalam bekerja.

Apabila Anda sudah sampai pada tahap wawancara, maka gunakan kesempatan berharga itu sebaik mungkin.

Dengan contoh alasan melamar pekerjaan yang baik di atas Anda bisa meyakinkan pewawancara bahwa Anda benar-benar serius untuk mengabdi lewat posisi yang dilamar.


3. Alasan Melamar Pekerjaan di Perusahaan 


Perusahaan dan posisi yang seperti inilah yang saya inginkan, karena bisa memberi saya ruang untuk berkarya secara signifikan.

Tujuan utama HRD menanyakan kepada Anda alasan tertarik melamar pekerjaan di suatu perusahaan adalah untuk mengetahui seberapa besar Anda mau berkontribusi pada perusahaan melaui pekerjaan yang akan diberikan nantinya.

Apabila Anda sebagai pelamar mampu memberikan alasan ini dengan keterangan yang jelas bahwa potensi yang Anda punya bisa tersalurkan melalui perusahaan terkait, pasti interviewer juga akan semakin tertarik mendengar alasan melamar pekerjaan yang ingin Anda utarakan.

Baca Juga : Cerita Tentang Kupu-Kupu Keluar dari Kepompong yang Sangat Memotivasi


4. Alasan Melamar Pekerjaan di Perusahaan Start-Up


alasan melamar pekerjaan di taspen

Karena pilihan bisnis kreatif ini tetap pada karakternya yang tidak latah dan mainstream. Sangat cocok dengan saya yang tidak menyukai sesuatu yang mainstream.

Beberapa sektor perusahaan yang masih belum terlalu banyak dilirik namun memiliki potensi besar untuk berkembang di tahun mendatang adalah perusahaan start-up.

Untuk Anda yang sedang berusaha masuk ke perushaan start-up, alasan melamar pekerjaan yang satu ini sangat relevan dengan situasi yang ada.

Dari pihak perusahaan atau pewawancara sekalipun akan menghargai alasan Anda apalagi jika disertai dengan penjelasan yang singkat dari data yang telah diolah dan dipublikasikan ke kalangan umum.


5. Alasan Melamar Pekerjaan di Bidang Retail


alasan tertarik melamar di suatu perusahaan


Saya lebih bersemangat kerja kalau menyangkut bidang retail karena lapangan kerja ini lebih challenging. Saya merasa lebih tertantang karena ada target yang harus dicapai.

Coba deh bayangin kalau seandainya Anda yang jadi HRD dan mendengar ada seseorang yang dengan yakinnya memberikan alasan melamar pekerjaan karena suka dengan tantangannya.
Tentu Anda akan menerimanya.

Bahkan untuk orang yang berlatar belakang pendidikan bisnis sekalipun belum tentu berani mengambil sektor retail karena jam terbangnya yang padat dan adanya target penjualan yang harus dicapai.

Namun jika Anda memang memiliki passion dan ingin sekali masuk ke perusahaan tersebut, maka beritahu HRD bahwa Anda adalah sosok yang telah mereka cari selama ini untuk menerima tantangan kerja tersebut.

Itulah beberapa pilihan jawaban spesifik dan terhitung profesional yang bisa Anda gunakan untuk pertanyaan interview terkait alasan melamar pekerjaan.

Namun hal yang tak kalah pentingnya sebelum Anda melakukan interview adalah mengumpulkan informasi tentang posisi dan perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk membuat Anda semakin percaya karena dilandasi oleh informasi.

Nah, untuk mencari informasi tersebut tentunya Anda butuh saran. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi tentang perusahaan tertentu.

Baca Juga : 5 Tips Cara Melamar Kerja Via Online Di Jobstreet Agar Dipanggil dan Diterima

Tips Mencari Informasi Sebelum Melakukan Wawancara


1. Cek di Website Perusahaan


Sebelum nyelonong melamar pekerjaan di suatu perusahaan, cari dulu informasi terkait perusahaan di websitenya atau di website lain yang membahas perusahaan tersebut.

Ini akan memudahkan Anda untuk menemukan alasan melamar pekerjaan yang cocok dan tanpa dibuat-buat karena sudah mengetahui kecocokan antara karakter Anda dan perusahaan.

Untuk perusahaan yang reliable biasanya sudah merangkum berbagai informasi di websitenya. Mulai tentang history awal berdirinya perusahaan, blog, halaman kariernya, hingga buletin dan dokumentasi kegiatan perusahaan bersama karyawannya.

Webiste inilah yang akan melengkapi alasan melamar pekerjaan Anda yang nantinya akan dikemukakan terkait pengetahuan dasar perusahaan. Setidaknya Anda tidak terlalu buta dengan calon kantor baru.


2. Melalui Liputan di Media


Sumber informasi lainnya yang bisa membantu menambah kualitas alasan melamar pekerjaan Anda yaitu dari media. Carilah artikel dan postingan yang pernah mengekspos perusahaan yang bersangkutan.

Setelah membaca artikel tersebut, nantinya Anda bisa tahu bagaimana reputasi dan perkembangan apa saja yang sudah dilalui perusahaan.

Misalnya untuk menambah alasan melamar pekerjaan di bank, Anda bisa mencari tahu prestasi dan pencapaian terkini bank atau perusahaan tersebut.

Atau untuk menambah alasan melamar pekerjaan dibidang retail, Anda bisa melihat dulu di media sosial bagaimana antusiasme pemakai produk merk yang dikeluarkan perusahaan.

Baca Juga : 26 Istilah Orang Kantoran Yang Wajib Kamu Tahu Biar Nggak Kudet


3. Bertanya ke Teman


Kalau Anda menganggap informasi dari website dan liputan media masih kurang untuk referensi alasan melamar pekerjaan, Anda bisa menggunakan cara lain agar membuat Anda lebih yakin.

Coba tanyakan ke teman Anda, khususnya yang satu industri, apalagi kalau teman Anda itu pernah bekerja dengan perusahaan yang saat ini kamu incar.

Honest review dari teman Anda akan sangat membantu Anda dalam memutuskan alasan melamar pekerjaan yang memang jujur dan tidak dibuat-buat agar diterima, yang padahal Anda sendiri tidak tahu bisa melakukannya atau tidak.

Alasan melamar kerja yang jujur biasanya lebih memperbesar kesempatan kamu untuk sukses di bagian interview.


Penutup


Itulah beberapa alasan melamar pekerjaan yang bisa Anda jadikan pilihan atau referensi dalam menjawab pertanyaan interview kerja agar nantinya Anda tidak gelagapan ketika ditanya oleh interviewer.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar