Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

17 Pertanyaan Interview dan Jawabannya Paling Lengkap

Pertanyaan Interview dan Jawabannya

Salah satu tantangan tersendiri bagi para pencari kerja di bank, perusahaan, maupun di industri adalah dalam hal pertanyaan interview dan jawabannya.

Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa sering adanya pertanyaan jebakan HRD yang berujung pada kandasnya si pelamar. Yah, meskipun tak semuanya seperti itu. Penting untukmu mempelajari pertanyaan hrd dan jawabannya

Pertanyaan saat interview kerja memang pada dasarnya dibuat untuk menyaring pelamar dan mengetahui seperti apa karakternya, serta apakah ia layak diterima atau tidak.

Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan pertanyaan saat interview dan jawabannya, tentu sudah tak perlu khawatir lagi karena sudah tahu alurnya.

Permasalahan yang muncul adalah bagaimana mencari jawaban yang tepat saat interview bagi pemula. Sangat penting untuk mempelajari pertanyaan interview kerja fresh graduate dan jawabannya.

Maka dari itu, di dalam postingan ini saya akan memberikan contoh kepada kamu tentang 17 pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya bagi pemula.

Yuk kita simak contoh interview dan jawabannya di bawah ini.


Pertanyaan Interview dan Jawabannya

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan dan jawaban saat interview kerja yang sering ditanyakan HRD kepada pelamar kerja.


Bagaimana kamu mendeskripsikan dirimu dalam 3 kata?

Pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya satu ini bertujuan mengetahui seperti apa karaktermu. Karena waktu yang singkat, jadi kamu tak bisa menceritakan tentang dirimu panjang lebar dan sedetail mungkin.

Hanya dengan menyebutkan tiga kata yang mendeskripsikanmu, maka pihak HRD sudah langsung tahu dan memiliki bayangan seperti apa dirimu.

Sehingga dalam hal ini kamu hanya perlu menjawab tiga kata yang menjadi keunggulanmu dan tentunya berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Misalnya kamu melamar posisi web desainer, maka kamu bisa menyebutkan karakter yang berhubungan dengannya seperti responsif, kreatif, dan sejenisnya.Tetapi jangan menyebutkan kata kreatif yah bila kamu hendak melamar kerja sebagai akuntan.

Selain karakter yang berkaitan dengan pekerjaan, kamu juga perlu menyebutkan karakter positifmu. Misalnya seperti antusias, disiplin, pekerja keras, berdedikasi tinggi, dan sebagainya.

Jika memungkinkan, kamu bisa memberikan jawaban visi misi interview kerja yang jujur dari dirimu sendiri.


Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?

Pertanyaan interview kerja dan jawaban ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar keinginanmu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Jawaban interview apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami setidaknya perlu memahami beberapa hal berikut:

  • Minimal kamu mengetahui profil perusahaan tersebut, sejarah, filosofi, visi, misi, dan nilai-nilai tinggi yang dijunjung perusahaan tempatmu melamar.
  • Hindari membandingkan perusahaan yang kamu lamar dengan perusahaan tempatmu bekerja sebelumnya.
  • Hindari juga memberikan jawaban negatif seperti masalah yang dihadapi perusahaan, pendapat yang kurang baik tentang perusahaan, dan sejenisnya.
  • Hal yang harus kamu tekankan adalah keunggulan perusahaan dan tunjukkan minatmu pada keunggulan-keunggulan tersebut.


Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?

Tujuan pertanyaan saat interview dan jawaban ini yaitu untuk mencari tahu seberapa besar keinginanmu untuk berkontribusi, dan sejauh mana pengetahuanmu akan perusahaan yang ingin kamu lamar.

Hindari menjawab karena ingin mendapat gaji yang tinggi, tidak nyaman di tempat kerja yang sebelumnya, atasan yang keras dan semena-mena, serta masalah lain yang kamu hadapi di perusahaan sebelumnya.

Kemukakan semua alasan-alasan positif yang mendorongmu mengajukan lamaran ke perusahaan tersebut.

Kamu bisa menjawab bahwa kamu punya sikap positif dalam bekerja, baik dalam team maupun individu, bisa diandalkan, dan mampu memberi kontribusi positif untuk mencapai visi dan misi perusahaan.


Hal apa yang paling membanggakan dalam karirmu?

Pertanyaan dalam interview dan jawabannya ini diajukan untuk mengetahui apa yang benar-benar kamu minati dan perasaan positifmu terhadap pekerjaan.

Jawaban terbaik adalah dengan mendeskripsikan tentang proyek yang kamu banggakan dan menunjukkan seperti apa kamu menyelesaikan pekerjaan.

Tetapi yang harus kamu ingat adalah tak semua proyek membanggakan harus kamu ceritakan. Cukup proyek yang ada kaitannya saja dengan pekerjaan yang ingin dilamar.

Tonjolkan bahwa kemampuan terbaikmu bisa menjadi kontribusi yang baik terhadap perusahaan ketika menjadi karyawan.


Berikan gambaran tentang pemikiranmu terhadap pekerjaan ini?

Pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate ini bertujuan untuk menggali seberapa besar pengetahuan yang kamu miliki terhadap bidang yang akan ditawarkan.

Berikan jawaban yang tegas dan jelas tentang tugas serta kewajiban dari pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Jangan sampai kamu menunjukkan keraguanmu dalam menjelaskan. Sebab mereka sedang memantau kesiapanmu untuk berada di posisi tersebut.

Usahakan sebelum menjawab, pastikan kamu telah memahami dan telah mencari informasi tentang posisi tersebut dengan baik.


Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memberikan kontribusi berarti bagi kami?

Karena terlalu berambisi ingin diterima, pelamar kadang memberikan jawaban dari pertanyaan interview kontribusi untuk perusahaan yang tergesa-gesa dan kurang realistis. Misalnya dengan memberi jawaban satu hari atau seminggu.

Ini akan membuat HRD memandangmu sebagai orang yang kurang smart dalam menentukan suatu target. Kuncinya hanya satu, jawab dengan realistis.

Berikan jawaban interview kontribusi untuk perusahaan yang bagus seperti:

Akan berusaha mengatasi segala harapan dan tantangan di hari pertama, dan setidaknya membutuhkan waktu beberapa bulan, kira-kira sampai 6 bulan untuk benar-benar mengerti organisasi perusahaan dan kebutuhannya.


Bila kamu diterima, berapa lama kamu akan bekerja di perusahaan ini?

Pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya semacam ini bisa dikatakan sulit serta bersifat menjebak.

Pihak manajer yang akan merekrutmu tentu ingin tahu seberapa besar keinginanmu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Jadi sebisa mungkin hindari menyebut angka.

Buatlah jawaban yang memberitahu pewawancara bahwa kamu tertarik berkarir bersama perusahaan untuk mencapai target bersama.


Menurutmu, apa bedanya posisi ini dibandingkan dengan posisi lain yang kamu lamar?

Contoh pertanyaan interview dan jawabannya ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah kamu melamar di perusahaan lain atau tidak, seberapa aktif kamu mencari pekerjaan, dan apakah kamu adalah orang yang jujur atau tidak.

Bila kamu menjawab bahwa ini adalah perusahaan satu-satunya tempatmu melamar, HRD mungkin akan berasumsi bahwa kamu bohong.

Jarang sekali ada pelamar yang melamar pekerjaan di satu perusahaan saja. Hindari menyebutkan kekurangan dan kelebihan dari perusahaan lain tempat kamu melamar.

Jawablah dengan jujur. Jika memang kamu melamar di beberapa perusahaan maka katakan saja.

Kamu juga bisa mengatakan bahwa kamu belum memutuskan mana yang baik untuk karirmu di masa depan.

Setelah kami membaca CV-mu, kami rasa kamu terlalu berpengalaman untuk posisi ini. Bagaimana kira-kira pendapatmu?

Pertanyaan HRD ketika interview ini termasuk jebakan yang bertujuan meningkatkan egomu bila memang kamu adalah tipe orang yang senang dipuji.

Memang pada dasarnya tiap orang ingin dipuji, namun pihak HRD ingin mengetahui seperti apa responmu saat dipuji.

Hindari terlalu besar kepala dan menuntut gaji tinggi hanya karena pengakuan HRD bahwa kamu terlalu berpengalaman dalam bidang tersebut.

Jadilah rendah hati dan tetap percaya diri dengan kemampuanmu.

Jawaban terbaik yang bisa kamu berikan adalah kamu membutuhkan waktu untuk mengenal lebih jauh perusahaan sebelum bisa bekerja dengan efisien di tingkat yang lebih tinggi.


Jenis bos atau partner seperti apa yang paling buruk dan paling baik untukmu bekerja sama?

Pertanyaan dan jawaban wawancara kerja ini diajukan untuk mengetahui apakah kamu memiliki konflik dengan bos atau rekan kerja di perusahaan tempatmu kerja sebelumnya.

Bila kamu terpancing dan menceritakan kejelekan mantan bos atau rekan kerjamu, berarti kamu sudah terperangkap dan kemungkinan besar akan ditolak.

Jawaban terbaik adalah dengan menjawab bahwa kamu bisa bekerja sama dengan siapa saja dengan personality yang berbeda.

Karakter mereka bukanlah masalah yang berarti.

Beberapa kerja sama yang sukses kamu lakukan adalah ketika kamu dan rekan kerjamu bisa berkomunikasi dengan baik untuk melakukan perencanaan dan merealisasikannya.


Mengapa kamu meninggalkan pekerjaan sebelumnya?

Tujuan pertanyaan HRD saat interview dan jawabannya ini adalah untuk mengetahui track record-mu pada pekerjaan sebelumnya.

Pasti ada alasan mengapa kamu meninggalkan pekerjaanmu sebelumnya dan mencari pekerjaan baru.

Dalam hal ini, dianjurkan untuk tidak menyebutkan konflik pribadi.

Jangan terfokus pada masalah yang membuatmu mengundurkan diri, tetapi berikanlah jawaban bahwa kamu ingin mencari posisi yang lebih baik dan sesuai dengan keterampilanmu.

Buktikan padanya bahwa kamu memiliki motivasi yang besar untuk lebih berkembang di perusahaan yang sedang kamu lamar.


Bila boleh memilih pekerjaan manapun, dimana kamu ingin bekerja?

Ini juga adalah salah satu pertanyaan jebakan interview. Pewawancara ingin tahu tentang seperti apa perusahaan idamanmu.

Bila kamu menyebutkan perusahaan lain, maka itu akan mengundang keraguan bagi pewawancara untuk merekrutmu.

Tetapi disini kamu juga harus tetap jujur bila perusahaan yang kamu lamar saat ini bukan hanya satu-satunya tempatmu mengirimkan surat lamaran dan CV.

Jawaban yang paling baik adalah sebenarnya kamu ingin mencari-cari perusahaan yang menjadi targetmu.

Dan perusahaan ini adalah perusahaan yang pas untukmu. Kamu melihat ada banyak hal yang telah dikembangkan dalam perusahaan tersebut dan berharap bisa ikut berkontribusi dalam menjalankan proyek-proyek yang dikembangkan perusahaan.


Bagaimana pendapatmu tentang bosmu yang sebelumnya?

Dalam pertanyaan saat interview kerja dan jawabannya ini, pihak HRD ingin tahu apakah kamu termasuk orang yang suka membicarakan keburukan orang lain atau tidak. Apalagi tentang mantan bosmu.

Jangan sampai kamu terjebak dan menceritakan masalah pribadimu. Pikirkan apa hal-hal positif yang dimiliki mantan bosmu dan kemukakanlah.

Kemukakan lebih banyak hal yang kamu sukai daripada yang tidak tentang bosmu yang sebelumnya.

Karena bila kamu menceritakan keburukan bosmu sebelumnya maka itu adalah suatu kesalahan yang menunjukkan bahwa kamu tak respect terhadap atasanmu.


Mengapa kamu tak mendapat pekerjaan yang lebih baik di usiamu saat ini?

Ketika mendapat contoh pertanyaan interview kerja dan jawabannya ini kamu harus berhati-hati serta menahan emosimu terpicu dengan kepala dingin.

Di pertanyaan HRD untuk pelamar kerja ini, HRD berharap bisa mendapatkan jawaban yang tidak defensif dan jujur.

Pihak pewawancara ingin tahu pekerjaan apa yang kamu inginkan, dan apakah perusahaan ini hanya kamu jadikan batu loncatan, atau justru kamu memang ingin benar-benar bekerja di perusahaan tersebut.

Beritahu pewawancara bahwa ini adalah alasan mengapa kamu mencari lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Serta posisi yang kamu lamar saat ini merupakan pekerjaan yang sangat cocok dan sesuai dengan keterampilan serta usiamu saat ini.

Karena di perusahaan tersebutlah kamu nantinya akan berkarir dan melakukan perencanaan karier.


Apakah kamu pernah berpikir untuk menjadi entrepreneur?

Terkadang karyawan seringkali tergoda untuk menjadi entrepreneur dengan membuka bisnis sampingan.

Ini tentunya akan menjadi suatu ancaman bagi perusahaan sebab karyawan akan sulit fokus dengan pekerjaannya.

Tetapi di lain sisi, ada juga perusahaan yang justru mengasah kemampuan entrepreneurship karyawannya agar dapat menjalankan lini bisnis di perusahaan tersebut.

Bila kamu memang berkeinginan membuka usaha atau bahkan pernah membuka usaha, katakan saja dengan jujur, jangan menggebu-gebu.

Mungkin saja perusahaan tempatmu melamar bukanlah perusahaan yang mencari karyawan yang mencari keterampilan bisnis.

Kamu bisa mengatakan bahwa memang kamu pernah memikirkannya namun menjadi entrepreneur bukanlah pekerjaan yang cocok untukmu.

Jelaskan bahwa bekerja di perusahaan dan menjadi bagian dari tim lebih cocok untukmu.

Kamu juga bisa lebih menikmati bekerja spesifik dalam suatu bidang (posisi yang ingin kamu lamar) daripada mengurus hal-hal yang bersifat umum dan operasional sebagai pengusaha (entrepreneur).


    Seperti apa makna sukses menurutmu?

    Pertanyaan ketika interview kerja dan jawabannya ini bisa juga dikatakan pertanyaan jebakan karena seperti yang kita tahu bahwa definisi sukses itu sangat subjektif.

    Jangan sampai kamu mengutarakan bahwa kamu berencana untuk meraih kesuksesan di masa mendatang dengan cara mencari pekerjaan yang lebih baik.

    Kamu harus memberikan gambaran yang tidak terlalu jauh kedepannya karena sukses juga bisa berupa keberhasilan melakukan hal-hal kecil.

    Sukses bisa juga diartikan sebagai keberhasilan mencapai target kecil dalam waktu satu minggu atau satu bulan.

    Akan sangat jauh lebih baik bila kamu memberikan contoh sukses yang berkaitan dengan posisi yang hendak kamu lamar.


    Apa yang akan kamu lakukan seandainya kamu memenangkan hadiah undian berhadiah 5 milyar esok hari?

    Mungkin sejenak kamu akan beranggapan bahwa pertanyaan wawancara beserta jawabannya ini sepele dan tak perlu ditanggapi dengan serius. Bila seperti itu kamu keliru!

    Pertanyaan interview pekerjaan ini dilontarkan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kamu tetap akan bekerja saat tak membutuhkan uang lagi dan bagaimana kau mengatur keuanganmu.

    Pihak pewawancara sebenarnya ingin mendengar bahwa kamu akan tetap bekerja karena kamu memang menikmati pekerjaan itu.

    Jawaban lain yang ia inginkan adalah apakah kamu dapat mengatur keuangan dengan baik atau tidak.

    Bila kamu tak bertanggung jawab dan berniat menghabiskan uang tersebut begitu saja, maka tak ada yang menjamin bahwa nanti kamu akan melakukan hal yang sama dengan uang perusahaan.


    Penutup

    Demikianlah penjelasan tentang pertanyaan interview dan jawabannya. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa lebih siap dan berhati-hati saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan pewawancara.

    Pikirkan dengan matang dan berkepala dingin apa maksud dari pertanyaan interview dari HRD tersebut dan berikanlah jawaban terbaikmu.

    Pastikan untuk mempelajari pertanyaan dan jawaban interview kerja yang baik dari saya ini.

    Jangan sampai hanya karena salah menjawab satu jebakan pertanyaan untuk interview menjadi penyebab utama kamu tak diterima di perusahaan idamanmu.

    Baca Juga: