15 Pengusaha Perempuan Indonesia yang Sukses - Hidupcu.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

15 Pengusaha Perempuan Indonesia yang Sukses

Tahukah kamu bahwa ternyata tak hanya pria, pengusaha perempuan Indonesia pun banyak yang sukses loh.

Para pengusaha perempuan sukses di Indonesia ini juga berjuang gigih dalam mengembangkan usahanya hingga bisa berhasil.

Dari sini kita bisa tahu bahwa pengusaha wanita Indonesia sukses juga telah menunjukkan eksistensinya pada bidangnya masing-masing.

Intinya selama ada kemauan yang kuat untuk maju dan bekerja keras, kamu pun bisa menjadi salah satu pengusaha wanita sukses di Indonesia.

Siapa sajakah yang termasuk wanita entrepreneur tersebut? Mari kita simak ceritanya dalam kisah perempuan sukses Indonesia berikut ini.


Pengusaha Perempuan Indonesia yang Sukses

  1. Martha Handana
  2. Pengusaha Perempuan Indonesia yang Sukses

    Memutuskan jadi pengusaha perempuan di tengah banyaknya persaingan entrepreneur laki-laki bukanlah perkara mudah.

    Hambatan dan rintangan selalu saja datang silih berganti, entah itu dari dalam maupun di luar lingkungan kita sendiri.

    Seperti itulah yang juga dihadapi Martha Handana, CEO perusahaan kosmetik dan berbagai layanan kecantikan Martha Tilaar Group.

    Wanita kelahiran 1937 itu berpendapat bahwa cara pandang, sistem, dan budaya di masyarakat terkait perempuan kadang menyandung langkah mereka untuk berkarier.

    Meskipun ia lulusan akademi kecantikan H.R. Tilaar di Amerika Serikat yang dijalani saat mengikuti suami, namun untuk memutuskan kembali ke tanah air tidaklah gampang.

    Layaknya pebisnis sukses lainnya, Martha juga memulai bisnisnya dari nol. Cuma mengandalkan modal yang sedikit dan mengubah garasi rumahnya sendiri menjadi pabriknya.


  3. Catherine Hindra Sutjahyo
  4. Catherine Hindra Sutjahyo

    Tahukah kamu bahwa pengusaha sukses wanita berhijab yang identik dengan market place Zalora ialah Catherine Hindra Sutjahyo.

    Wanita kreatif yang kerap disapa Catherine ini adalah sosok dibalik layar Zalora, tempat belanja fashion online yang resmi beroperasi di Indonesia sejak 2012.

    Demi membangun usahanya, Catherine melakukan dedikasi yang besar dengan keluar dari perusahaan multinasional tempatnya bekerja yaitu McKinsey & Company.


  5. Cynthia Tenggara
  6. Cynthia Tenggara

    Sekedar informasi nih, bagi kamu yang kalau di kantor butuh catering untuk para karyawan, bisa mencoba menghubungi Cynthia.

    Ia merupakan chef yang membuat resep-resep andal lewat Berrykitchen, sebuah layanan pengiriman makan siang yang digemari karyawan kantoran.

    Berkat kemampuannya dalam membentangkan sayap di usaha catering modern tersebut, Berrykitchen telah berhasil menyakinkan banyak investor besar.


  7. Susi Pudjiastuti
  8. Susi Pudjiastuti

    Meski sering diremehkan karena cuma lulusan SMP, Susi Pudjiastuti sama sekali tak merasa tersinggung.

    Saat ditunjuk pertama kali sebagai seorang Menteri Kelautan dan Perikanan, sosok ibu Susi banyak menuai kontroversi.

    Hal ini karena karakternya yang cukup eksentrik dan background pendidikannya yang berbeda dengan menteri pada umumnya.

    Walaupun pendidikan terakhirnya SMP, ia tetap memperlihatkan bahwa hal tersebut sama sekali tak menghambatnya dalam mengerjakan tugas kementerian yang berat. Susi tidak malu akan kekurangannya.

    Ini tentu menjadi pelajaran berharga bagi kita bahwa tak perlu malu dengan kekurangan yang dimiliki. Tetapi alangkah baiknya bila kekurangan tersebut dijadikan pemicu untuk berbuat lebih baik lagi.

    Perlu diketahui bahwa sebelum menjadi menteri, Susi Pudjiastuti sudah jadi pengusaha sekaligus pemilik perusahaan eksportir hasil perikanan bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Selain itu, ia juga memiliki usaha penerbangan Susi Air dengan nama PT ASI Pudjiastuti Aviation.

    Tak hanya sebagai pengusaha, ibu Susi nyatanya juga bisa melesat menjadi seorang menteri. Sangat menginspirasi bukan khususnya bagi kaum wanita.


  9. Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth
  10. Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth

    Berrybenka awalnya cuma online shop kecil yang dibuat oleh Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth  pada awal tahun 2011.

    Namun setelah mengalami proses dan proses jatuh bangun yang panjang, BerryBenka kini sukses menjadi marketplace yang menyediakan keperluan perempuan dan laki-laki yang ingin tampil keren.

    Saat ini BerryBenka telah mendapatkan nilai investasi sebesar lebih dari Rp 60 miliar.


  11. Muslimah Diajeng Lesari
  12. Muslimah Diajeng Lesari

    HijUp adalah toko online yang dibuat oleh Diajeng Lestari. Uniknya, online shop satu ini cuma fokus menjual baju serta aksesoris khusus perempuan muslim Indonesia.

    Bisnis ini dimulai sejak 2011 dan rencananya Diajeng Lesari akan melakukan ekspansi pasar ke luar negeri.


  13. Donna Lesmana
  14. Donna Lesmana

    Bagi kamu yang ingin mencari koleksi lingerie model terbaru, bisa mencoba mengulik lingeria di online shop milik Donna, Lolalola.

    Meski baru dibuka sejak 2014, usaha online ini terbilang berhasil. Apalagi ia juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan yang ada di Hong Kong.

    Tentu saja peluang untuk Donna memperluas bisnisnya di rana internasional sangat besar dengan adanya kerja sama tersebut.


  15. Grace Tahir
  16. Grace Tahir

    Beliau merupakan Direktur Utama Rumah Sakit Mayapada yang memperlebar sayapnya dalam bidang kesehatan dengan membuat PilihDokter.

    Usaha online tersebut didirikan sekitar tahun 2014 dan bertujuan untuk memberikan bantuan terhadap masalah kesehatan penggunanya.

    Jadi intinya, PilihDokter adalah semacam tempat bagi para pasien dan dokter bertemu secara online untuk berkonsultasi.


  17. Nabilah Alsagoff
  18. Nabilah Alsagoff

    Bagi kamu yang belum tahu, Nabilah adalah orang yang membangun sekaligus pemimpin dari tempat pembayaran online Doku.

    Bisnis yang dibangun Nabilah ini telah diterima secara luas oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti Air Asia dan Sinar Mas.

    Tanpa ragu, mereka memercayakan masalah pembayarannya pada perusahaan yang didirikan oleh Nabilah.

    Menurutnya, rahasia terbesar untuk bisa berhasil adalah dengan berani menghadapi risiko dan siap menggapai mimpi. 

    Ia sendiri dulu terpaksa berhenti dari pekerjaan bonafitnya di Kementerian Pariwisata Indonesia hanya untuk membangun Doku.


  19. Veronika Linardi
  20. Veronika Linardi

    Siapa sih yang saat ini masih belum kenal Qerja. Sebuah platform yang memberikan informasi tentang pendapatan dan gaji di berbagai perusahaan dalam negeri.

    Ini jelas sangat berguna bagi para job seeker dan karyawan untuk saling bertukar informasi tanpa memberikan identitas yang jelas di Qerja.

    Pengetahuannya akan pengelolaan sumber daya manusia memberikan rasa percaya diri dalam membangun usaha online ini.

    Bahkan Veronika juga memimpin salah satu perusahaan pencari kerja bernama Linardi Associates yang didirikan sejak tahun 2006.


  21. Aulia Halimatussadiah
  22. Aulia Halimatussadiah

    Aulia menjadi terkenal sebagai pengusaha perempuan Indonesia yang sukses sejak mendirikan dan mengembangkan toko buku online-nya bernama Kutubuku

    Bisa dibilang Aulia ini sukses sebagai pengusaha maupun dalam bidang literatur.

    Selain itu, ia juga mendirikan situs Nulisbuku yang merupakan wadah bagi para penulis dalam mengenalkan dan mempublikasikan tulisannya secara independen.


  23. Hanifa Ambadar
  24. Hanifa Ambadar

    Berawal dari membuat blog pribadi di awal tahun 2005 silam, Hanifa terus mengembangkan situs Female Daily miliknya menjadi komunitas perempuan interaktif.

    Dalam situs tersebut berisi edukasi terhadap berbagai hal tentang wanita serta review produk kecantikan yang recommended bagi para anggota komunitasnya.


  25. Carline Darjanto dan Ria Sarwono
  26. Carline Darjanto dan Ria Sarwono

    Bagi kamu yang sudah familiar dengan brand fashion Cotton Ink pastinya sudah kenal dengan Carline Darjanto dan Ria Sarwono.

    Cotton Ink merupakan brand fashion sukses yang sempat disebut Majalah Forbes sebagai salah satu merk fashion keren asal Indonesia.


  27. Merrie Elizabeth
  28. Merrie Elizabeth

    Salah satu salon terkemuka yang tentu tidak asing lagi di telinga sebagian orang adalah Blobar. Salon ini didirikan oleh seorang perempuan muda bernama Merrie Elizabeth dengan penuh kerja keras.

    Karena kesuksesan dari salon Blobar, Merrie bahkan sempat masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes Asia untuk kategori Retail dan E-commerce di tahun 2016.


  29. Helga Angelina Tjahjadi
  30. Helga Angelina Tjahjadi

    Untuk pengusaha perempuan Indonesia pada bidang kuliner, Helga Angelina Tjahjadi termasuk salah satunya.

    Mengandalkan menu burger sehatnya yang terdiri atas daging petty, kacang-kacangan, jamur, dan bayam ternyata berhasil membawanya menjadi pengusaha sukses.

    Bahkan Helga pernah masuk dalam daftar majalah Forbes 30 Under 30 Forbes Asia untuk kategori Arts dalam bidang kuliner di tahun 2016.  


Penutup

Demikianlah artikel tentang pengusaha perempuan Indonesia yang sukses. Semoga bisa jadi sumber inspirasi bagi kamu yang berencana atau sedang membangun bisnis.


Baca Juga: