Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11 Manfaat Tata Ruang Kantor yang Penting dalam Peningkatan Kinerja

Manfaat Tata Ruang Kantor

Banyak yang tak menyadari bahwa ternyata pengetahuan akan manfaat tata ruang kantor sangat penting untuk peningkatan kinerjamu.

Penataan ruang kantor yang buruk dapat menyebabkan timbulnya rasa bosan dan membuatmu kehilangan semangat untuk menyelesaikan semua tugas dengan baik.

Apalagi memang tujuan penataan ruang kantor yaitu memperlancar pekerjaan dan membuat ruangan jadi tertata rapi serta penempatan barang yang lebih efektif.

Sehingga apabila kamu mengetahu manfaat tata ruang kantor, maka kamu akan berusaha menciptakan penataan ruang kantor yang baik agar bisa lebih semangat dan nyaman dalam bekerja.

Apa saja sih manfaat tata ruang kantor yang baik? Mari kita simak pembahasannya berikut ini.


Manfaat Tata Ruang Kantor

Beberapa manfaat tata ruang kantor yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

  1. Penggunaan ruangan yang lebih optimal
  2. Saat menata ruang kantor, sebisa mungkin jangan ada pemborosan ruangan meski itu sudut kantor sekalipun.

    Terkadang seseorang merasa tempat kerjanya sempit karena melihat ruangannya penuh dengan barang akibat penataan yang buruk dimana banyak tempat atau sudut yang dibiarkan kosong.

    Jadi sebenarnya luas atau sempitnya ruangan kantor itu berpengaruh pada apakah kamu bisa menatanya dengan baik atau tidak.

    Penataan ruang yang baik tentunya akan membuat penggunaan ruangan jadi lebih optimal sehingga tak ada bagian yang dibiarkan kosong.


  3. Menciptakan ruang kerja yang nyaman
  4. Apabila ruanganmu tertata rapi, bersih, aman, higienis, menyenangkan dan indah dipandang mata, tentunya akan membuat dirimu lebih nyaman dalam bekerja.

    Perasaan nyaman ini penting untuk menghindarkan kamu dari berbagai kendala apapun mulai dari yang besar hingga kecil.

    Jika sudah nyaman, tentunya semua pekerjaan jadi terasa ringan dan mudah untuk diselesaikan. Tentu saja ini akan membawa dampak baik bagi dirimu maupun kantormu.


  5. Memperlancar arus komunikasi dan informasi
  6. Manfaat tata ruang kantor selanjutnya adalah arus komunikasi dan informasi yang lebih lancar. Ruangan kantor yang tertata baik akan membuat komunikasi antar pegawai bisa lebih dimaksimalkan.

    Sehingga dengan demikian, apabila ada penyampaian dan informasi dari atasan bisa mudah tersalurkan kepada para pegawai.

    Jadi tak ada lagi cerita ada pegawai yang tak tahu informasi atau penyampaian dari atasannya.


  7. Menciptakan kesan positif terhadap tamu
  8. Tak hanya bagi diri sendiri, terkadang ada juga orang luar yang datang berkunjung ke kantormu seperti client atau konsumen.

    Apabila ia merasa nyaman, pastinya akan menimbulkan kesan positif terhadap kantormu sehingga interaksi bisa terjalin dengan sangat baik.

    Ini tentu akan sangat baik untuk kantormu dalam jangka panjang. Bahkan bukan tidak mungkin kantormu akan menyabet juara kantor paling nyaman dengan produktivitas luar biasa.


  9. Meningkatkan produktivitas pegawai
  10. Produktivitas pegawai jelas akan meningkat apabila tata ruang kantornya bagus dan nyaman. Begitu pun sebaliknya, jika kamu membiarkan barang yang ada di ruang kantor terhambur.

    Pastinya kamu akan merasa terganggu dan tak leluasa bergerak pada saat bekerja. Sehingga dalam hal ini kamu wajib memikirkan bagaimana penataan kantor yang baik. Mulai dari penempatan meja, kursi, print, alat fotokopi, komputer, dan berbagai peralatan kantor lainnya.

    Apabila penempatannya bagus dan proporsioal, pastinya kamu akan lebih semangat dan produktif dalam bekerja.


  11. Mengantisipasi pengembangan organisasi
  12. Siapapun itu tentunya ingin agar perusahaan dan organisasinya mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu.

    Jadi untuk memperkirakan perkembangan tersebut, perlu dilakukan penataan ruang kantor dengan sebaik-baiknya.

    Jangan sampai ketika perusahaan mulai berkembang tetapi kamu masih belum memiliki ruang yang tertata rapi.

    Sebab biasanya ketika terjadi perkembangan maka akan ada kebutuhan space tambahan pada ruanganmu.

    Sehingga salah satu manfaat tata ruang kantor adalah mengantisipasi pengembangan organisasi di masa depan dengan melakukan perencanaan layout office yang fleksibel.


  13. Menciptakan efisiensi dalam bekerja
  14. Tiap pegawai pastinya menginginkan tempat kerja yang nyaman agar bisa bekerja dengan lebih efektif dimana semua bahan dan benda yang dibutuhkan bisa mudah terjangkau.

    Selain itu, ruangan yang tertata rapi akan membuat proses pekerjaanmu jadi lebih cepat dan mudah sehingga sangat ringan untuk menjalankan aktivitas setiap harinya. 

    Penataan ruang kantor yang baik bisa menghapuskan berbagai jenis pemborosan waktu seperti mencari-cari peralatan kerja, mempermudah gerak kerja. Hal ini juga tentunya bisa menghemat tenaga pegawai dalam bekerja.


  15. Meningkatkan kedisiplinan para pekerja
  16. Saat ruang kantor tertata dengan baik, maka otomatis para pekerja akan menyelesaikan pekerjaanya dengan sepenuh hati.

    Tentu saja ini akan memengaruhi kinerja dan tingkat kedisiplinan pegawai dalam bekerja sehingga bisa mencapai hasil memuaskan.

    Karena apabila pegawai bekerja tanpa kedisiplinan maka akan membuahkan hasil yang mengecewakan.

    Untuk itu, penting untuk kamu menata ruang kerja agar terlihat menarik dan membuat para pegawai lain semangat dalam bekerja. 

    Sebab ketika sudah nyaman, maka tak ada alasan telat deadline dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, manfaat tata ruang kantor yang lain adalah meningkatkan moral karyawan jauh ke depan.


  17. Alur kerja yang lebih jelas
  18. Maksud dari alur kerja disini yaitu urutan penyelesaian pekerjaan yang sudah jelas dan tak terlewatkan.

    Sebab dalam penyelesaian pekerjaan tentu ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk sesuai prosedur.

    Saat ruang kantormu ditata sesuai alur kerja yang ada, maka akan terhindarkan dari adanya tahapan yang terlewat.

    Inilah manfaat terbesar yang bisa kamu dapatkan ketika mau menata ruang kerja dengan baik dan sesuai alur kerja yang ada. Sehingga dengan demikian, tahapan per tahapan dalam pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat.


  19. Mencegah adanya gangguan dari luar
  20. Kadang banyak yang belum menyadari bahwa sebagian besar kebisingan dan gangguan berasal dari ruangan kantor bagian luar.

    Sebenarnya ini bisa diatasi dengan tata ruang kantor yang baik dan tepat sehingga gangguan-gangguan dari luar bisa lebih terminimalisir.

    Tentunya kamu tak ingin bukan jika produktivitasmu maupun pegawai lain terganggu karena hal semacam itu.


  21. Meminimalisir penggunaan biaya
  22. Kantor yang memiliki penataan ruang kantor yang buruk biasanya akan menimbulkan beberapa masalah sepele termasuk boros dalam penggunaan biaya. Entah itu dalam hal listrik, fasilitas, operasional, dan sebagainya.

    Untuk jangka pendek sebenarnya tak masalah. Namun jika dibiarkan terus lama kelamaan bisa menguras dana perusahaan atau kantor tempatmu bekerja.

    Padahal jika dihemat, uang tersebut masih bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

    Maka dari itu, manfaat tata ruang kantor satu ini bisa kamu rasakan jika penataan ruang kantormu bagus dan sesuai aturan yang berlaku pada umumnya.


Penutup

Demikianlah penjelasan tentang manfaat tata ruang kantor terhadap efektivitas kinerjamu. Semoga apa yang disampaikan dalam postingan kali ini bisa membawa dampak positif untukmu.

Apabila kamu ingin tahu lebih banyak, maka sangat dianjurkan untuk membaca artikel kami yang membahas lebih jauh tentang tata ruang kantor.


FAQ Manfaat Tata Ruang Kantor

Apakah manfaat tata ruang kantor?

Beberapa manfaat yang didapatkan dari tata ruang kantor yang baik adalah mendapatkan tempat kerja yang nyaman, peningkatan produktivitas, pengantisipasian pengembangan organisasi, peningkatan kedisiplinan pegawai, serta alur kerja yang lebih jelas.


Menurut The Liang Gie apa tujuan dari tata ruang kantor?

Proses pengerjaan aktivitas kantor bisa dilakukan sependek mungkin dimana kesehatan dan kepuasan kerja pegawai bisa terpelihara.


Jelaskan manfaat apakah yang didapatkan dengan adanya interior kantor brainly?

Peningkatan produktivitas kinerja, penggunaan ruang yang optimal, terciptanya suasana aman dan nyaman, komunikasi dan alur kerja lancar, dan sejenisnya