Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tata Ruang Kantor Tertutup: Gambar, Sketsa, Kelebihan dan Kekurangan

Tata Ruang Kantor Tertutup

Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam bekerja.

Ciri yang paling umum dari tata ruang kantor tertutup adalah adanya sekat dan batasan sehingga antara satu divisi dengan divisi lain seakan berada pada ruangan berbeda karena sekat pembatas.

Dengan terbatasnya pandangan antara satu karyawan dengan lainnya, maka karyawan bisa lebih fokus dalam bekerja sehingga produktivitasnya pun meningkat.

Namun konsep ini sempat ditentang banyak orang selama beberapa tahun terakhir. Tetapi saat ini masih tetap saja digunakan karena ada saja orang yang ingin punya ruang privat sendiri dan tak ingin pekerjaannya diganggu orang lain.

Mau tahu lebih lanjut tentang tata ruang kantor tertutup? Yuk sama-sama kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Pengertian Tata Ruang Kantor Tertutup

Tata ruang kantor tertutup adalah penataan ruang kerja yang dibuat secara tertutup dimana satu divisi dengan divisi lainnya dipisahkan oleh sekat, pembatas, atau tembok khusus yang bertujuan menghalangi pandangan. 

Ini membuat ruang kerja lebih mirip kamar-kamar privat untuk menjalankan berbagai aktivitas pekerjaan.

Bentuknya bisa berupa ruang kantor tertutup penuh sampai langit-langit, ada yang cuma dibatasi sekat separuh badan, dan ada juga yang dibatasi sekat setinggi manusia.

Bagi ruang kerja yang tak punya pintu, sekat pembatas ini berfungsi membatasi pandangan mata antar karyawan sehingga bisa lebih fokus bekerja.


Gambar Tata Ruang Kantor Tertutup

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar dan sketsa tata ruang kantor tertutup yang menarik untuk diaplikasikan pada kantormu.

  1. Tata ruang kantor berkamar
  2. gambar tata ruang kantor tertutup

    Bentuk ini membatasi area kerja karyawan dengan sekat-sekat sehingga membentuk biliknya masing-masing.


  3. Ruang tertutup dengan model kaca
  4. sketsa tata ruang kantor tertutup

    Contoh tata ruang kantor tertutup ini mungkin sudah sangat familiar. Penggunaan sekat pemisah berupa kaca didesain khusus agar atasan atau supervisor bisa mengawasi karyawan meski ruang kantor dibuat tertutup.


  5. Ruang kantor kubikel gaya kasual tertutup
  6. pengertian tata ruang kantor tertutup

    Kantor dengan model kubikel tak selamanya harus terkesan kaku. Kamu bisa menggunakan gaya kasual penuh warna seperti contoh ini untuk menghadirkan suasana yang lebih segar. Pilihlah desain yang sesuai dengan citra perusahaanmu.


  7. Ruang kubikel dengan empat bagian
  8. kelebihan dan kekurangan tata ruang kantor tertutup

    Contoh desain ini cocok diterapkan untuk startup yang didalamnya terdapat divisi-divisi mikro beranggotakan empat orang. 

    Jadi meski konsepnya tertutup, desain semacam ini tetap memungkinkan jalur komunikasi dan kerja sama tim tetap lancar.


  9. Ruang kerja tempat meeting
  10. keuntungan tata ruang kantor tertutup

    Kamu bisa menggunakan area yang tersisa di dekat ruang kubikel untuk dijadikan tempat meeting. Contoh tata ruang tertutup ini cocok untuk ruang kerja beberapa tim divisi sekaligus.


  11. Tata ruang kantor tertutup model kamar
  12. kekurangan tata ruang kantor tertutup

    Bentuk semacam ini lebih bersifat tertutup hingga ke plafon. Jadi pandangan karyawan akan lebih terbatas dan diharapkan bisa membuatnya semakin fokus bekerja.


  13. Model tata ruang kantor berkamar warna biru
  14. keuntungan tata ruang kantor tertutup adalah

    Merupakan bentuk tata ruang tertutup dimana tiap orang atau divisi dalam kantor dipisahkan melalui sekat-sekat atau tembok yang didesain berwarna biru.


  15. Gambar tata ruang kantor semi tertutup berbentuk kubikal
  16. manfaat tata ruang kantor tertutup

    Untuk ruang kantor yang punya satu ruangan besar namun ingin menerapkan konsep tata ruang tertutup, bisa mencoba desain semacam ini untuk diaplikasikan ke kantormu. 


Kelebihan dan Kekurangan Tata Ruang Kantor Tertutup

  1. Kelebihan tata ruang kantor tertutup
  2. Contoh keuntungan tata ruang kantor tertutup adalah sebagai berikut:

    1. Privasi karyawan terjaga
    2. Keuntungan terbesar dari penerapan konsep tata ruang kantor tertutup adalah terjaganya privasi karyawan.

      Ini membuat karyawan jadi punya tempat dan area kerjanya sendiri dimana mereka bisa berpikir dan bekerja tanpa ada gangguan dari luar.

      Selain itu, karyawan juga bisa menerima telepon, mengerjakan proyek, dan tugas penting lainnya yang bersifat rahasia tanpa diketahui banyak orang kantoran.


    3. Terbebas dari berbagai gangguan
    4. Berada dalam satu ruangan tertutup tentunya akan membebaskanmu dari berbagai gangguan karyawan lain. Ini jelas akan semakin meningkatkan fokus dan produktivitasmu dalam bekerja.


    5. Meningkatkan kreativitas
    6. Untuk menciptakan karya kreatif tentu butuh lingkungan yang damai dan tenang. Terkhusus untuk karyawan yang bekerja di departemen kreatif butuh lingkungan kerja yang hening dan tenang agar mereka bisa fokus bekerja demi menciptakan hasil terbaik.


    7. Hierarki yang lebih jelas
    8. Urutan jabatan atau yang disebut hierarki di kantor akan terbaca dengan jelas jika kantor didesain dengan tata ruang tertutup.

      Biasanya semakin tinggi posisi seseorang maka akan semakin bagus dan khusus ruangan orang tersebut.


    9. Persaingan yang lebih sehat
    10. Adanya ruangan kerja yang lebih bagus dan khusus membuat tiap karyawan terus bersaing dengan sehat untuk mendapatkan posisi dan jabatan tertinggi agar bisa memiliki ruangan tersebut.


    11. Tak banyak bergosip
    12. Penerapan bentuk tata ruang tertutup akan memperkecil kemungkinan untuk bergosip antar karyawan. Hal ini karena kemungkinan untuk bertemu dan tatap muka sangat kecil sehingga mereka akan lebih disibukkan dengan pekerjaan.


    13. Sehat untuk karyawan
    14. Desain semacam ini dapat memberi jaminan kesehatan lebih baik bagi karyawan. Sebab ruangan tertutup akan melindungi karyawan apabila ada rekan kerjanya yang menderita penyakit menular seperti flu.


    15. Meningkatkan konsentrasi
    16. Konsentrasi karyawan tentunya semakin meningkat seiring dengan fokusnya jika bekerja dalam ruangan tertutup karena terhindarkan dari berbagai gangguan.


    17. Meningkatnya produktivitas
    18. Berada dalam ruangannya sendiri membuat karyawan bisa bekerja dengan pikiran yang lebih bebas dan tenang sehingga akan membuat produktivitasnya meningkat karena konsentrasi yang terjaga.


    19. Meningkatnya pemasukan perusahaan
    20. Karena produktivitas meningkat, maka otomatis keuntungan perusahaan meningkat. Jika sudah begini tentu saja gaji mereka akan naik juga dan kemungkinan akan ada fasilitas kerja yang lebih baik lagi untuk karyawan.


    21. Mengurangi kebisingan
    22. Polusi udara dan suara akan lebih terminimalisir karena karyawan berada pada ruangannya masing-masing. Sebab mereka akan berkomunikasi di areanya sendiri tanpa ada gangguan dari orang lain.


    23. Lebih aman bagi karyawan
    24. Setiap karyawan akan merasa lebih aman dengan privasinya karena berada dalam ruangan tertutup atau cubicle pemisah.


    25. Tiap karyawan bekerja dengan gayanya sendiri
    26. Berada dalam ruangan sendiri tentu membuat karyawan bisa bekerja dengan gayanya sendiri dan bebas mengatur apa yang mereka suka dan tidak.

      Penataan ini mendorong karyawan untuk lebih bisa berkonsentrasi pada pekerjaannya dan memberikan hasil optimal.


    27. Lingkungan yang lebih sehat di kantor
    28. Karena kurangnya gosip dan interaksi antar karyawan, maka lingkungan kantor pun jadi terkesan formal dan tepat untuk bekerja.


  3. Kekurangan tata ruang kantor tertutup
    1. Sulit mengawasi karyawan
    2. Kekurangan tersendiri dari konsep tata ruang tertutup adalah pemilik perusahaan dan manajer jadi harus berpindah-pindah dari satu ruangan ke ruangan lain untuk mengawasi karyawan. Ini jelas adalah pemborosan waktu.


    3. Kurangnya komunikasi antar karyawan
    4. Posisi ruangan yang tertutup membuat komunikasi antar karyawan jadi minim dan cuma komunikasi jika ada perlu saja. Jadi akan ada kesenjangan komunikasi antar karyawan.


    5. Membutuhkan lebih banyak biaya
    6. Banyaknya ruangan yang digunakan tentu saja akan membutuhkan banyak infrastruktur dibandingkan pada tata ruang kantor terbuka khususnya dalam biaya pembangunan.

      Kebutuhan akan bahan baku kayu, bata, peralatan, dan fasilitas lainnya juga lebih banyak dibutuhkan.


    7. Memungkinkan turunnya produktivitas karyawan
    8. Adanya ruang privasi untuk karyawan tak jarang disalahgunakan oleh mereka mengingat tak adanya pengawasan ketat dari atasan atau manajer. Ini bisa menyebabkan turunnya produktivitas yang bisa berimbas pada ruginya perusahaan.


    9. Butuh lebih banyak ruangan
    10. Penggunaan ruang kerja untuk seluruh karyawan secara terpisah jelas akan memengaruhi jumlah karyawan yang dipekerjakan.

      Dibandingkan tata ruang terbuka, jenis ini hanya memungkinkan perusahaan mempekerjakan sedikit karyawan karena keterbatasan ruangan yang ada.


    11. Karyawan bisa saja berperilaku negatif
    12. Penerapan konsep ini kadang disalahgunakan oleh karyawan dengan berperilaku negatif. Misalnya menggunakan fasilitas kantor untuk kebutuhan pribadi atau bahkan bermesraan di kantor. Tentu saja ini akan mengganggu lingkungan kerja kantor dan karyawan lainnya.


    13. Kemungkinan mengabaikan arus kerja atau SOP
    14. Konsep tata ruang kerja tertutup mengharuskan para karyawannya untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain untuk bisa berkomunikasi menyelesaikan tugas tertentu.

      Apabila sudah terburu-buru, tak jarang mereka akan mengabaikan arus kerja atau SOP yang berlaku sehingga dapat mengganggu alur kerja yang ada.


    15. Kemungkinan informasi tak tersebar dengan baik
    16. Karena tiap karyawan berada pada ruangannya sendiri, maka kemungkinan ada saja informasi yang belum atau tidak diterima oleh beberapa karyawan.


    17. Kurangnya solidaritas antara karyawan
    18. Mengingat minimnya komunikasi antar karyawan, maka tak ada pula lah hubungan dekat dan solidaritas diantara mereka. Ini adalah kelemahan yang kemungkinan memperlambat perkembangan kinerja perusahaan.


    19. Kemalasan tingkat karyawan meningkat
    20. Karena kebebasan karyawan pada ruangannya, maka kemungkinan ada saja rasa malas yang timbul karena kurangnya pengawasan secara langsung. Aspek negatif ini jelas akan sangat berpengaruh pada produktivitas karyawan.


    21. Tak adanya faktor emosional diantara karyawan
    22. Sebagai makhluk sosial, sudah semestinya jika manusia butuh dukungan moral agar bisa mencapai tujuannya.

      Ada kecenderungan manusia untuk bergantung pada orang lain dalam kasus tertentu. Seiring berjalannya waktu, hal tersebut perlahan memudar karena kurangnya komunikasi antar karyawan.


FAQ Tata Ruang Kantor tertutup

Kerugian tata ruang kantor berkamar yaitu

Komunikasi jadi terhambat, biaya yang digunakan lebih besar, butuh banyak ruang kantor, dan penggunaan ruangan jadi kurang fleksibel.


Tata ruang kantor gabungan adalah

Perpaduan antara tata ruang kantor tertutup dan terbuka


Apa saja yang menjadi kerugian dari tata ruang kantor tertutup?

Komunikasi yang agak terhambat karena adanya sekat pemisah, terlalu banyak biaya yang dikeluarkan, dan kesulitan dalam hal pengawasan kinerja karyawan.


Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor tertutup?

Tata ruang kantor terbuka adalah penataan ruang kantor dimana satu meja ditempati oleh lebih dari satu karyawan. Sedangkan tata ruang kantor tertutup, satu meja hanya untuk satu karyawan saja dan ruangannya pun dibatasi oleh sekat.


Apa yang dimaksud dengan tata ruang tertutup?

Adalah penataan ruang kantor dimana tiap karyawan ditempatkan dalam satu ruang tertutup.


Apa kelebihan dari tata ruang kantor semi tertutup?

Terjaganya privasi kerja karyawan sehingga ia bisa lebih fokus bekerja.


Tata ruang kantor di mana setiap unit kerja dalam kantor mempunyai ruangan sendiri yang dipisahkan oleh dinding disebut tata ruang kantor?

Tata ruang kantor tertutup atau berkamar


Sebutkan keuntungan dan kerugian tata ruang kantor berkamar?

Untuk keuntungannya, privasi lebih terjaga, tingkat kefokusan meningkat, dan terhindar dari lingkungan yang terlalu berisik. Sedangkan kerugiannya adalah butuh lebih banyak biaya dan komunikasi jadi kurang efektif.