Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tata Ruang Kantor Terbuka: Pengertian, Gambar, Kelebihan dan Kekurangan

Tata Ruang Kantor Terbuka

Khusus artikel kali ini, kita akan fokus membahas tata ruang kantor terbuka. Mulai dari pengertian, gambar, sketsa, serta kelebihan dan kekurangannya.

Untuk kamu yang bekerja di perusahaan startup atau rintisan, pastinya sudah sangat familiar dengan tata ruang kantor satu ini.

Kebanyakan perusahaan startup mengaplikasikan bentuk tata ruang kantor terbuka karena terkesan lebih dinamis dan santai.

Desain ruang kantor semacam ini diharapkan juga bisa mengikis stigma kaku yang selama ini melekat pada ruang kerja.

Inilah alasan mengapa tata ruang kantor terbuka seringkali dianggap cukup efektif dalam mendongkrak kinerja karyawan.

Tertarik ingin mengubah tampilan kantormu menjadi ruang kerja terbuka? Yuk simak ulasan mengenai tata ruang kantor tersebut berikut ini.


Pengertian Tata Ruang Kantor Terbuka

Tata ruang kantor terbuka dapat disebut juga tata ruang kantor yang menggunakan sebuah ruangan besar untuk bekerja dan ditempati beberapa orang pegawai tanpa adanya sekat atau pembatas ruang.

Dalam penerapannya, ruang kantor terbuka jelas memungkinkan komunikasi yang lebih lancar antar pegawai sehingga mendorong para pegawai untuk lebih kreatif dan komunikatif.

Ruang kantor dengan konsep terbuka bisa kamu temui pada beberapa perusahaan startup atau agensi desain.

Contoh perusahaan besar yang menggunakan konsep ini adalah Twitter, Shopee, Xiaomi, Facebook, Google, dan masih banyak lagi.


Ciri-Ciri Ruang Kantor Terbuka

Ciri yang paling umum dari ruang kantor terbuka adalah tidak adanya pemisah antar karyawan dan semua divisi ditempatkan dalam satu ruangan.

Selain itu, desain interiornya lebih terkesan kasual dan nyaman dengan perabotan yang sifatnya informal. Baik itu kursi santai sejenis sofa, bean bag, hingga permainan yang bisa kamu temukan di area umum.


Gambar Tata Ruang Kantor Terbuka

Agar semakin memahaminya, kamu perlu tahu juga seperti apa gambar dan sketsa tata ruang kantor terbuka. Berikut ini adalah macam-macamnya:

  1. Ruang kantor terbuka dengan ruang meeting kaca
  2. gambar tata ruang kantor terbuka

    Desain ruang kantor ini memiliki ruang kaca yang bisa digunakan sebagai ruang rapat atau keperluan lainnya yang sifatnya agak rahasia.


  3. Ruang kantor terbuka desain full per ruangan
  4. sketsa tata ruang kantor terbuka

    Sketsa tata ruang kantor bentuk terbuka ini bisa jadi bahan inspirasi buatmu yang ingin mendesain area kantor secara menyeluruh. Mulai dari area kerja, ruang meeting, dan sebagainya.


  5. Sketsa ruang kantor terbuka dengan bilik pribadi
  6. pengertian tata ruang kantor terbuka

    Sketsa satu ini terbilang unik karena dilengkapi bilik-bilik kecil yang diperuntukkan sebagai ruang pribadi untuk menelpon, conference call dengan klien, dan berdiskusi.


  7. Desain kantor terbuka dengan lobi
  8. kelebihan dan kekurangan tata ruang kantor terbuka

    Ingin punya ruang kantor terbuka yang punya lobi? Contoh gambar sketsa ini bisa kamu realisasikan pada kantormu loh. Dalam hal ini pembatasnya menggunakan kaca transparan serta adanya lobi serta resepsionis.


  9. Gambar ruang kantor dengan kaca pemisah
  10. kelebihan tata ruang kantor terbuka

    Guna menciptakan ruang kantor yang tidak kaku dan lebih nyaman, desain ini bisa kamu jadikan referensi dalam merujudkannya.

    Nantinya tiap-tiap pegawai ditempatkan dalam satu area yang ada sekat pemisahnya setinggi dada yang terbuat dari kaca transparan.


  11. Desain tata ruang kantor terbuka hijau
  12. kekurangan tata ruang kantor terbuka

    Suka dengan ruang kantor berkonsep alam, mungkin ini bisa jadi pilihan cocok untuk diaplikasikan pada kantormu. Cukup dengan penambahan beberapa tanaman hijau pada ruangan bisa menambah kesan alami nan indah.


  13. Desain kantor terbuka yang menyatu dengan area tunggu
  14. tata ruang kantor terbuka adalah

    Ide kreatif ini memanfaatkan kombinasi yang tepat antara ruang kerja terbuka dengan ruangan lain seperti ruang tunggu atau ruangan untuk bersantai.

    Selain dapat menghemat ruangan, area kerja juga lebih dampak variatif karena adanya unsur dari ruangan lain.


  15. Gambar ruang kantor terbuka minimalis
  16. desain tata ruang kantor terbuka

    Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kebanyakan desain yang paling sering digunakan adalah tipe minimalis. Yaitu memaksimalkan ruangan yang kecil untuk menciptakan kesan mewah dan indah pada hunian atau kantor.


  17. Model desain kantor gedung pencakar langit
  18. tata ruang kantor terbuka terbaik

    Untuk kamu yang ingin menyewa gedung sebagai ruang kantor, bisa mengikuti model desain ini untuk bahan referensi.

    Sewalah gedung dengan lantai yang sedikit lebih tinggi agar view yang kamu dapatkan bagus dan nyaman dipandang.


  19. Tata ruang kantor dengan loker karyawan
  20. tata ruang kantor terbuka dan tertutup

    Adanya loker pada ruang kantor terbuka tentunya penting agar karyawan bisa menyimpan barang-barang pribadi miliknya disana.

    Jadi kantor akan terlihat lebih rapi tanpa ada gangguan tumbukan barang-barang dari tiap karyawan itu sendiri.


  21. Gambar ruang kantor terbuka mini
  22. tata ruang kantor terbuka dan gabungan

    Area yang minim bisa kamu maksimalkan dengan tampilan menarik semacam ini. Jadi kamu tetap bisa mendapatkan ilusi ruangan yang terlihat luas meskipun sebenarnya sempit.


  23. Ruang kantor terbuka dengan bilik
  24. contoh tata ruang kantor terbuka

    Jenis ruang kantor terbuka ini adalah yang terbaik diantara semua desain dalam hal privasi. Hanya saja mungkin akan meninggalkan kesan sesak bagi penggunanya. Maka dari itu, sebaiknya gunakan kaca transparan sebagai sekatnya jika tak suka dengan desain di atas.


  25. Model setengah partisi ruang kantor terbuka
  26. foto tata ruang kantor terbuka

    Model setengah partisi ini sangat memudahkan karyawan untuk melihat dan berbicara satu sama lain tanpa repot-repot berdiri. Hanya saja jika menggunakan model ini dibutuhkan ruang khusus yang tertutup untuk keperluan meeting atau hal privasi lainnya.


  27. Gambar ruang kantor dengan area kerja tim
  28. referensi tata ruang kantor terbuka

    Ruang kantor terbuka dengan desain area kerja tim seperti gambar di atas sangat cocok untuk pekerjaan dimana anggota tim tidak boleh kehilangan fokus dari hal-hal yang tak diinginkan.


  29. Satu ruang terbuka yang besar
  30. apa itu tata ruang kantor terbuka

    Tata ruang kantor seperti ini cocok untuk kantor ukuran kecil yang menginginkan lingkungan tenang dimana partisi tak dibutuhkan. Sangat baik diterapkan jika ingin ruang kantor dengan nuansa besar, terbuka, dan tenang.


Kelebihan dan Kekurangan Tata Ruang Kantor Terbuka

  1. Kelebihan Tata Ruang Kantor Terbuka
  2. Beberapa contoh keuntungan menggunakan tata ruang kantor terbuka adalah sebagai berikut:

    1. Lebih ekonomis
    2. Ruangan luas yang ada bisa lebih dimaksimalkan karena tak perlu lagi ada penggunaan cubicle yang memisahkan meja karyawan dan memakan lebih banyak ruang.

      Secara langsung ini lebih ekonomis karena menghemat budget dan bisa menampung lebih banyak orang di ruang yang terbatas.


    3. Terjaganya produktivitas
    4. Suatu penelitian menunjukkan bahwa produktivitas karyawan yang bekerja pada tata ruang kantor memiliki sedikit hambatan dalam prosesnya dibandingkan yang tertutup. Bahkan berkurangnya luas ruangan untuk tiap karyawan tak mengganggu kinerja mereka.


    5. Terjalinnya komunikasi yang efektif
    6. Tak adanya dinding antar karyawan jelas memiliki dampak yang sangat positif dalam hal komunikasi. Interaksi akan terjalin lebih dengan cara yang lebih terbuka sebab semua orang ada dalam satu tempat sehingga waktu untuk komunikasi pun tak banyak terbuang.


    7. Pertukaran ide yang mudah
    8. Mudahnya komunikasi antar karyawan tentu saja mengakibatkan pertukaran ide jadi lebih mudah. Jarak antar karyawan yang berdekatan membuat mereka lebih cepat dan mudah saling bertukar pikiran sekaligus meningkatkan produktivitas.


    9. Mempermudah pengawasan
    10. Desain tata ruang kantor terbuka sangat memudahkan manajer dan supervisor dalam mengawasi dan membimbing karyawannya dengan lebih efisien.

      Hal ini karena semua karyawan berada dalam satu ruang yang sama dan saling berdekatan. Manajer dan supervisor tak perlu lagi berjalan keliling dari satu ruangan ke ruangan lain cuma untuk mengawasi serta meminta feedback dari karyawan.

      Mudah dan cepatnya pengawasan tentu saja akan membantu mempercepat penyelesaian masalah yang terjadi.


    11. Karyawan dan atasan semakin akrab
    12. Kelebihan tata ruang kantor bentuk terbuka yang lain adalah karyawan dan atasan semakin akrab karena berada dalam satu ruangan.

      Kondisi ini secara tidak langsung akan menciptakan lingkungan kerja yang positif karena antara karyawan dan atasan bisa saling berbagi masalah maupun solusi satu sama lain.

      Semakin akrabnya karyawan dan atasan tentu saja akan membawa pengaruh baik bagi produktivitas kerja antara keduanya.


    13. Lebih mudah dan cepat dalam penyelesaian proyek
    14. Apabila semua karyawan berada dalam satu tempat, manajer akan lebih mudah melacak perkembangan setiap anggota tim yang terlibat dan sejauh mana jalannya progres proyek.

      Informasi dan masukan pun bisa lebih mudah tersalurkan satu sama lain karena semuanya berada pada satu ruangan.


    15. Menghemat biaya dan fasilitas
    16. Jika semuanya berada dalam satu ruangan, ini jelas akan mengurangi penggunaan AC dan lampu serta menghemat biaya listrik yang dikeluarkan.

      Pemasangan AC secara sentral bisa mengurangi anggaran biaya dibandingkan memasang AC pada tiap ruangan jika seandainya menggunakan tata ruang tertutup.


    17. Memudahkan dalam perubahan interior
    18. Pada keadaan tertentu kadang dilakukan perubahan interior untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman atau apabila ada penambahan maupun pengurangan karyawan.

      Nah, bentuk tata letak ruang kantor yang terbuka sangat memudahkan HRD dalam menambah atau mengurangi meja dan kursi.


  3. Kekurangan Tata Ruang Kantor Terbuka
  4. Jika disuruh sebutkan kerugian tata ruang kantor terbuka, jawabannya yaitu sebagai berikut:

    1. Berisik
    2. Bergabungnya semua orang dalam satu tempat yang sama tanpa pembatas tentu akan sering menimbulkan suara berisik.

      Sebab akan ada saja suara orang kantoran mengobrol, mengangkat telepon, suara printer, gesekan kursi, dan lain sebagainya.


    3. Terganggunya konsentrasi
    4. Bagi karyawan introvert dan pekerjaannya butuh konsentrasi tinggi sangat tidak dianjurkan untuk disatukan dalam konsep tata ruang terbuka.

      Sebab akan mengakibatkan terganggunya konsentrasi karena suara berisik dan melihat banyak orang hilir mudik.

      Hal ini karena secara tidak langsung dapat menurunkan tingkat produktivitasnya, sehingga sangat dianjurkan untuk menempatkannya dalam ruangan tersendiri.


    5. Kurangnya keamanan
    6. Kekurangan tersendiri dari tata ruang terbuka yaitu kurangnya keamanan. Semua karyawan dalam satu ruangan wajib menjaga tugas dan barang mereka di meja masing-masing.


    7. Tidak adanya privasi karyawan
    8. Desain ruang kantor yang terbuka sangat tidak memungkinkan terjadinya percakapan pribadi yang sifatnya rahasia.

      Sehingga apabila ada hal yang sifatnya privasi, karyawan perlu keluar ruangan untuk mencari tempat dan alasan untuk keluar semisal ke kamar mandi atau menerima telepon.


    9. Rawannya penyebaran penyakit
    10. Penyebaran flu dan beberapa penyakit menular lainnya sangat rawan jika berada dalam kantor yang menerapkan konsep ruang terbuka. Ini karena sama sekali tak ada pembatas antara karyawan satu dengan lainnya.

      Jadi apabila ada satu karyawan yang sakit, kemungkinan besar karyawan lainnya juga akan ikut tertular.


    11. Rawan terjadi perdebatan
    12. Banyak orang dalam satu ruangan berarti banyak pula pendapat. Mungkin ada yang tak setuju dengan pengaturan lampu, temperatur AC, pemilihan pewangi ruangan, dan sejenisnya. Hal ini cukup sering terjadi karena semuanya berada dalam satu ruang yang sama.

      Selain itu, ada juga hierarki antara senior dan junior yang kian menciptakan perasaan negatif serta membuat produktivitas menurun.


FAQ Tata Ruang Kantor Terbuka

Perusahaan apa yang menggunakan tata ruang kantor terbuka?

Saat ini yang paling terkenal yaitu Google, Facebook, Shopee, dan Xiaomi.


Apa saja Keuntungan tata ruang kantor terbuka?

Komunikasi lebih efektif, hemat biaya, mempermudah pengawasan, dan karyawan bisa semakin akrab dengan atasan maupun sesama karyawan.


Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor jelaskan tentang tata ruang terbuka dan tata ruang gabungan?

Tata ruang kantor terbuka adalah bentuk penataan ruang dimana semua karyawan bisa saling berkomunikasi tanpa dibatasi dengan sekat penghalang. Sedangkan tata ruang gabungan ialah perpaduan antara tata ruang tertutup dan terbuka.


Apa yang membedakan antara tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor tertutup?

Tata ruang kantor terbuka biasanya hanya ada satu meja yang digunakan lebih dari satu karyawan. Sedangkan tata ruang kantor tertutup satu meja satu karyawan.


Ruang kantor dimana semua kegiatan karyawan dilakukan bersama sama dalam suatu ruangan tanpa dipisahkan oleh tembok penyekat kayu yaitu ruang kantor?

Tata ruang kantor terbuka


Sebutkan apa yang dimaksud tata ruang kantor terbuka dan sebutkan keuntungan dan kerugiannya?

Tata ruang kantor terbuka adalah penataan ruang kantor dimana semua karyawan ditempatkan dalam satu ruangan tanpa adanya sekat berupa kayu atau tembok. Keuntungannya yaitu hemat biaya, sedangkan kerugiannya berisik.


Kesulitan apa saja yang mungkin dialami suatu kantor jika tidak menerapkan tata ruang kantor yang baik?

Terjadi kegaduhan dan berujung pada tidak produktifnya kinerja karyawan.


Apa yang dimaksud dengan tata ruang terbuka?

Tata ruang terbuka ialah penataan ruangan yang memberikan kesan terbuka tanpa dibatasi oleh sekat tembok atau kayu.


Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor terbuka brainly?

Tata ruang kantor yang terkesan terbuka tanpa ada sekat yang membatasi.


Apa pendapat brydone tentang tata ruang kantor terbuka?

Merupakan ruangan kerja yang luas dan ditempati banyak karyawan tanpa dipisahkan oleh sekat permanen.


Apa kelemahan tata ruang terbuka?

Lebih berisik, sulit diawasi, dan komunikasi yang kurang efektif.


Tata ruang kantor di mana setiap unit kerja dalam kantor mempunyai ruangan sendiri yang dipisahkan oleh dinding disebut tata ruang kantor?

Tata ruang kantor tertutup atau berkamar.


Manfaat apa yang akan kita dapatkan apabila layout kantor sangat efektif?

Lebih optimal dalam penggunaan ruangan, karyawan nyaman bekerja, efisiensi arus kerja, dan memberikan kesan positif terhadap tamu.