Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

21 Pekerjaan yang Cocok Sambil Kuliah Biar Dapat Uang Jajan

Pekerjaan yang Cocok Sambil Kuliah

Beberapa mahasiswa pekerja keras biasanya akan mencari pekerjaan yang cocok sambil kuliah agar mendapatkan uang tambahan. Kuliah sambil kerja umumnya dilakukan karena adanya keperluan mendesak atau untuk tambahan uang jajan saja.

Sebenarnya ada banyak sekali lowongan pekerjaan untuk mahasiswa aktif bertebaran di internet. Tinggal kamu saja yang memilih mana lowongan pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah sesuai untukmu.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan sambil kuliah, bisa coba-coba jadi pekerja freelance. Yakni kerja online sambil kuliah yang dijamin tak akan mengganggu waktu kuliahmu jika kamu pandai mengatur waktu.

Penasaran apa saja pekerjaan yang cocok sambil kuliah yang menarik untuk dikerjakan, yuk simak penjelasannya di bawah ini.


Pekerjaan yang Cocok Sambil Kuliah

  1. Penulis Lepas (Content Writer)
  2. Saat ini kebutuhan akan artikel cukup banyak, khususnya bagi perusahaan besar yang sedang membangun websitenya.

    Apabila kamu hobi menulis artikel, maka bisa mempertimbangkan untuk jadi penulis lepas atau freelance writer.

    Kamu cuma perlu modal laptop dan jaringan internet untuk menulis artikel. Bahkan jika tak punya laptop, kamu bisa menulis artikel menggunakan smartphone-mu. Intinya tak ada batasan jika kamu mau berusaha.

    Sebagai permulaan, kamu bisa memulainya dengan mencari lowongan pekerjaan sebagai penulis lepas di situs freelance seperti Fiver, Projects.co.id, atau yang lainnya.

     Apabila artikelmu menarik, tentu akan banyak perusahaan yang datang padamu menawarkan kerja sama.

    Jangan salah, bayaran sebagai penulis lepas cukup lumayan loh. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dalam kisaran Rp. 1.500.000 sampai Rp. 2.000.000 per bulan. Bahkan bisa saja lebih jika kualitas konten dan promosimu di atas rata-rata.


  3. Penerjemah (Translator)
  4. Khusus untuk kamu yang jago bahasa inggris atau bahasa apapun itu bisa menawarkan diri menjadi translator. Tak masalah jika kamu belum terlalu paham tentang bahasa tertentu karena ada Google Translate yang bisa membantumu jika ada kosakata yang asing bagimu.

    Umumnya sih pekerjaan ini dilakukan oleh mahasiswa sastra yang paham betul dengan struktur bahasa, ejaan, dan tanda baca. 

    Namun tak usah khawatir jika kamu bukan mahasiswa sastra, sebab semuanya bisa dipelajari jika kamu ada kemauan. Jangan menyerah karena keadaan karena akan selalu ada jalan buatmu untuk berusaha.

    Memilih bekerja sebagai translator tentunya akan menuntutmu untuk jago bahasa asing. Jadi jangan kaget yah kalau selama kamu menjalani pekerjaan ini kamu bisa jago bahasa asing.


  5. Copywriter
  6. Di era digital seperti sekarang ini semakin banyak saja media startup yang bermunculan dan ingin mempromosikan produknya. Hal ini membuat kebutuhan akan copywriter juga meningkat.

    Hampir sama dengan penulis lepas, kamu juga bisa menawarkan diri untuk pekerjaan ini cukup dengan bermodalkan laptop dan jaringan internet.

    Tugasmu adalah membuat kalimat-kalimat yang bisa mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu seperti membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan.


  7. Bisnis Online
  8. Bisnis online merupakan salah satu pekerjaan freelance yang cocok dikerjakan sambil kuliah. Kamu bisa memulainya dengan mempromosikan sampai memantau produk yang dijual.

    Kamu cuma perlu menyiapkan smartphone, jaringan internet, dan laptop atau komputer. Yah cukup dengan itu saja kamu sudah bisa mulai bekerja.

    Bahkan kamu juga bisa membuka toko online di market place atau sosial media. Untuk jenis barang yang kamu jual bisa beragam. Mulai dari pakaian, buku, aksesoris, alat tulis, dan yang lainnya.

    Tetapi yang terpenting dari bisnis online adalah kamu wajib konsisten dan bekerja keras karena pekerjaan ini tak bisa ditinggalkan begitu saja.


  9. Admin Media Sosial
  10. Untuk kamu yang sering bersosial media pastinya akan sangat tertarik dengan pekerjaan ini. Sebab kamu bisa mengerjakannya dimana saja tapa harus terikat dengan jam kerja.

    Kamu dapat bekerja sebagai admin media sosial untuk online shop, perusahaan startup, atau UMKM. 

    Skill yang penting kamu miliki untuk menjadi admin sosial media adalah kemampuan copywriting, kreatif, berpengetahuan luas, rajin berinteraksi di media sosial, dan konsisten.


  11. Fotografer
  12. Pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan bermodalkan kamera adalah fotografer. Buatlah foto yang menarik lalu jual lah di situs fotografi freelance seperti microstock, shutterstock, dan sejenisnya.

    Selain itu, kamu juga dapat membuka jasa fotografi untuk acara-acara tertentu seperti pernikahan, akikah, dan momen lainnya. Bahkan kamu bisa menawarkan jasamu untuk memotret produk.

    Saat ini cukub banyak yang membutuhkan fotografer. Kebanyakan sih untuk website dan sosial media untuk memperbanyak follower dan engagement-nya.

    Selain mendapatkan uang dari bekerja sebagai fotografer, skillmu juga akan terasah dan tak menutup kemungkinan kedepannya kamu akan jadi fotografer profesional.


  13. Graphic Designer
  14. Jenis pekerjaan yang cocok sambil kuliah berikutnya adalah menjadi graphic designer. Tentunya ini sangat menarik jika kamu seorang yang hobi membuat desain. 

    Akan senang rasanya bisa menyelesaikan pekerjaan dengan nyaman tanpa harus terikat jam kerja bukan?

    Berprofesi sebagai graphic designer pasti butuh suasana yang pas untuk mencari inspirasi. Dalam hal ini yang kamu butuhkan cuma laptop dan jaringan internet untuk menjadi freelance graphic designer.


  15. Web Developer
  16. Pekerjaan yang cocok sambil kuliah lainnya yaitu menjadi web developer. Pekerjaan ini sangat ideal bagi kamu yang merupakan mahasiswa jurusan IT berbekalkan kemampuan coding.

    Meskipun demikian, walaupun kamu bukan mahasiswa IT tetap bisa juga kok asalkan punya kemampuan coding. 

    Profesi sebagai web developer memiliki prospek yang bagus di masa depan. Karena sebagian besar perusahaan pastinya butuh web developer dalam meningkatkan kinerja bisnisnya.


  17. Content Creator
  18. Hampir mirip dengan penulis lepas, content creator lebih kepada bagaimana membuat konten berupa video dan sejenisnya untuk keperluan sosial media. Misalnya seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan sejenisnya.

    Dalam hal ini kamu bisa memilih bekerja sebagai youtuber atau vlogger yang konsisten membuat konten untuk menarik banyak viewers.

    Semakin banyak viewers yang kamu dapatkan, pastinya akan semakin banyak pula lah uang yang bisa kamu dapat.


  19. Ilustrator
  20. Teruntuk kamu yang punya skill menggambar ilustrasi, bisa mempertimbangkan untuk bekerja sebagai iustrator.

    Nantinya tugasmu adalah membuat gambar ilustrasi untuk buku, produk, dan bahkan komik sesuai dengan permintaan klienmu.

    Memilih bekerja sebagai ilustrator tentunya akan menambah protofoliomu untuk digunakan melamar kerja nanti.

    Perihal bayaran, nanti tergantung proyek yang kamu ambil. Misalkan untuk proyek perusahaan biasanya kamu akan mendapat penghasilan dalam kisaran Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000 per proyek.


  21. Barista
  22. Kamu mungkin menyadari bahwa saat ini ada banyak cofee shop dimana-mana. Artinya profesi sebagai barista tentu saja cukup banyak dicari dan dibutuhkan.

    Khusus untuk kamu pecinta kopi, pekerjaan yang cocok sambil kuliah ini sangat ideal bagi kamu sebagai sampingan.

    Tak hanya belajar bagaimana membuat kopi yang enak, tetapi kamu juga akan belajar bagaimana berinteraksi dengan para pelanggan.

    Pokoknya kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang sangat bermanfaat apabila suatu saat kamu hendak membuka coffee shop.


  23. Guru Bimbel
  24. Bagi kamu yang merasa pandai dalam bidang akademik, menjadi guru bimbel bisa jadi pilihan menarik untukmu.

    Pasalnya kamu bisa membagikan ilmu yang kamu punya, dapat penghasilan tambahan, dan tidak terlalu mengganggu waktu kuliahmu.

    Dalam hal ini kamu dapat bergabung ke lembaga bimbel atau memasarkan sendiri jasamu di sosial media. 

    Apabila ingin punya pendapatan yang lebih besar, bisa juga dengan membuka jasa bimbel privat. Pokoknya pekerjaan yang cocok sambil kuliah ini menarik deh untuk dicoba. 


  25. Tour Guide
  26. Pekerjaan yang cocok sambil kuliah berikutnya adalah menjadi tour guide. Ini sangat pas untuk mahasiswa yang kampusnya berada di daerah yang sering dikunjungi turis.

    Tugasmu adalah memandu turis asing mengunjungi tempat-tempat asik dan menyenangkan sembari menceritakan hal-hal menarik dari tempat tersebut.

    Menjadi seorang tour guide atau tour leader biasanya dilakukan oleh para mahasiswa dari jurusan Bahasa Inggris karena memang kemampuan itulah yang penting dalam pekerjaan ini.


  27. Driver tranpostasi Online
  28. Maraknya transportasi online di kota-kota besar membuat pekerjaan sampingan sambil kuliah ini dilirik mahasiswa.

    Tak perlu gengsi melamar kerja sebagai driver online karena cukup banyak kok mahasiswa yang melakukannya.

    Kan lumayan tuh untuk mengisi waktu kosong setelah kuliah dibandingkan cuma keluyuran tidak jelas.

    Cukup bermodalkan motor atau mobil, pekerjaan ini sudah bisa kamu lakukan kapan saja dengan jadwal yang fleksibel.

    Terlepas dari fakta bahwa driver online itu menguras waktu dan tenaga, saya pikir itu sebanding dengan penghasilanmu per bulan. Setidaknya kamu tak perlu khawatir akan masalah keuanganmu di akhir bulan.


  29. Jualan Pulsa
  30. Pulsa saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok di kalangan anak muda, khususnya anak kuliahan. 

    Bermodalkan smartphone dan aplikasi pendukung dari distributor pulsa sudah cukup kok untuk kamu mulai berjualan pulsa.

    Kamu bisa mulai menawarkan jualanmu pada keluarga atau teman kampusmu. Meksipun keuntungan per transaksi cuma 500 sampai 1000 rupiah, tetapi jika transaksinya banyak pasti akan untung besar juga.


  31. Jasa Make Up
  32. Tiap orang pastinya ingin tampil cantik saat ingin menghadiri momen atau acara tertentu seperti wisuda, tunangan, pernikahan, atau sejenisnya. 

    Nah, disinilah peluangmu sebagai orang yang punya skill make up dibutuhkan. Kamu bisa membuka jasa make up untuk menambah penghasilan bulanan. 

    Sebagai gambaran saja, honor untuk jasa make up pemula biasanya sekitar 200 ribu per orang. Tentunya jumlah tersebut akan semakin besar jika kamu sudah semakin terkenal dan hasil make up mu bagus.


  33. SPG atau SPB
  34. Berwajah menarik, good looking, dan punya postur tubuh proporsional? Bisa coba berprofesi sebagai sales promotion girl atau sales promotion boy.

    Pekerjaan yang cocok sambil kuliah ini bisa kamu kerjakan secara part time menyesuaikan event yang berlangsung. Syarat dan besarnya bayarannya pun bervariasi tergantung jenis acaranya.

    Saat ini di Jakarta ada banyak sekali acara pameran tiap bulannya, mulai event skala lokal hingga internasional.


  35. Pet Grooming
  36. Pekerjaan untuk mahasiswa satu ini cocok sekali bagi kamu pecinta binatang. Apalagi saat ini lumayan banyak yang punya hewan peliharaan namun tak sempat mengurusinya.

    Tentunya akan sangat menyedihkan bila hewan peliharaan lucu nan menggemaskan jadi tak terurus karena kesibukan pemiliknya.

    Hewan yang jarang di grooming dan diajak jalan-jalan pastinya akan membawa dampak yang buruk bagi peliharaan.

    Disinilah jasamu dibutuhkan. Kamu bisa menawarkan jasa mengajak hewan peliharaan mereka jalan-jalan sekaligus jasa grooming di rumah pemiliknya sebagai bentuk full service.

    Untuk tarif grooming per anjing atau hewan peliharaan lainnya biasanya sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 per jam.

    Kamu dapat menawarkan jasamu di dua hingga tiga tempat tiap akhir pekan, dalam sebulan kamu bisa mengantongi penghasilan tambahan sekitar Rp. 1.000.000.


  37. Jasa Review
  38. Saat ini lumayan banyak juga produk dengan merek tertentu yang butuh jasa review. Termasuk juga nama perusahaan jasa, tempat makan, dan sebagainya.

    Tugas pekerjaan yang cocok sambil kuliah ini hanyalah mereview suatu produk lalu menuliskannya pada sosial media atau pun website tertentu.

    Kebutuhan akan jasa review ini umumnya untuk keperluan branding di sosial media. Adapun keuntungan yang kamu dapatkan bisa berupa diskon untuk produk tersebut dan pemberian komisi.


  39. Jual Beli Website
  40. Bagi kamu mahasiswa jurusan IT yang masih kuliah dan lumayan jago membuat website, bisa kerja sampingan dengan jual beli website.

    Kamu cuma perlu membuat dan mendesain web sebagus serta semenarik mungkin lalu menjualnya ke klien. Atau bisa juga membeli website milik orang lain lalu menjualnya kembali.


  41. Jadi MC
  42. Para dosen maupun staf kampus biasanya akan mengadakan seminar, diskusi, atau acara terkait. 

    Nah, apabila kamu punya relasi disana dan kebetulan kamu punya bakat jadi pembawa acara, bisa menawarkan diri untuk jadi MC di acara yang akan diadakan.

    Lumayan loh, untuk tiap event biasanya kamu akan mendapat bayaran sekitar Rp. 150.000 sampai Rp. 500.000 jika acaranya cukup besar.


Penutup

Itulah beberapa informasi dari kamu tentang pekerjaan yang cocok sambil kuliah. Mudah-mudahan bisa jadi bahan inspirasi yah bagi teman-teman sekalian.


FAQ Pekerjaan yang Cocok Sambil Kuliah

Bagaimana cara kerja sambil kuliah?

Simpelnya sih cari pekerjaan yang agak ringan dan tak terlalu menguras waktu. Beberapa contohnya sudah saya sebutkan di atas, dan pastikan kamu bisa mengatur waktu dengan baik agar kuliahmu tidak terhambat.


Pekerjaan apa saja yang bisa part time?

Rekomendasi pekerjaan yang cocok meskipun kamu kuliah adalah freelance. Entah itu berupa editor, penulis artikel, desainer, atau fotografer. Untuk lebih lengkapnya, semua sudah saya bahas di atas.


Pekerjaan apa yang cocok untuk anak SMA?

Penulis blog, mengelola toko online, jualan pulsa, dan sebagainya.


Apakah kerja shift bisa kuliah?

Jelas bisa dong, kamu bisa tetap bekerja meskipun sambil kuliah. Sebagai informasi, kamu bisa melanjutkan kuliahmu di Universitas Terbuka agar lebih fleksibel waktunya.


Apa manfaat kuliah sambil kerja?

Kuliah sambil kerja akan membentuk mental dan dirimu jadi lebih berkualitas, mandiri, dewasa, dan punya pandangan bagus ke depannya.


Apa yang dimaksud kerja part time?

Merupakan pekerjaan yang dikerjakan setengah dari jam kerja normal pada umumnya.


Berapa gaji part time barista?

Itu tergantung dimana tempatmu bekerja. Kalau di Starbuck sendiri menggaji karyawan part time-nya sebesar 150 sampai 200 ribu per sembilan jam.


Usaha apa yg cocok untuk anak sekolah?

Jualan pulsa, bisnis online berupa reseller maupun dropshipper, penulis lepas, atau menyediakan jasa ketik.


Bisnis apa yang cocok buat anak SMK?

Bisa menjadi content creator, guru les privat, membuka toko online, jualan pulsa, dan sebagainya.


Bisnis apa untuk anak sekolah?

Membuka jasa event organizer, blogging, bisnis kuliner, jadi agen pulsa, reseller, graphic designer, dan masih banyak lagi.


Baca Juga: