10 Bisnis dan Pekerjaan yang Cocok Untuk Wanita Muslimah Syar i

10 Bisnis dan Pekerjaan yang Cocok Untuk Wanita Muslimah Syar i

Pekerjaan yang Cocok Untuk Wanita Muslimah Syar i

Hidupcu.com - Hal yang seringkali ditanyakan oleh kaum hawa adalah apa pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah? Sebagai negara yang penduduknya mayoritas islam terbesar di dunia, pastinya kita tidak asing lagi dengan yang namanya wanita muslimah. Jadi suatu hal yang lumrah kalau para wanita muslimah ingin mencari tahu tentang pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah.

Siapa bilang wanita muslimah tidak bisa berbisnis? Siapa bilang wanita muslimah tidak bisa bekerja?

Wanita muslimah juga bisa bekerja dan berbisnis layaknya kaum adam. Sekarang sudah jamannya emansipasi. Apa yang dilakukan laki-laki bisa juga dilakukan perempuan. Tinggal bagaimana menyesuaikan dan mencari usaha yang cocok untuk perempuan muslimah.

Banyak kok wanita muslimah di luar sana yang sukses dengan bisnis dan karirnya. Sebut saja Dian Pelangi, sosok wanita yang telah mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional dalam ajang New York Fashion week.

Walaupun dia wanita tapi dia juga bisa sukses kok. Kalau dia bisa mengapa Anda tidak?

Ada banyak kok job yang bisa dilakukan perempuan muslimah. Berikut beberapa penjelasan tentang pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah :

1. Usaha Pakaian Muslim


pekerjaan untuk wanita syari

Salah satu usaha yang paling banyak digeluti oleh kalangan wanita muslimah adalah usaha pakaian muslim.

Jenis usaha ini memiliki potensi yang sangat besar mengingat d negara kita ini hampir sebagian besar penduduknya muslim. Jadi sangat wajar kalau potensi usaha ini patut di lirik.

Terlebih lagi kalau menjelang hari raya umat muslim, tentunya permintaan terhadap pakaian muslim akan meningkat pesat.

Tinggal bagaimana Anda memanfaatkan momen dan peluang untuk membuka sebuah toko fashion muslim.


2. Jual Hijab Syar i


pekerjaan untuk wanita berhijab syar'i

Sebagai seorang wanita muslim, menutup kepala dengam hijab tentu adalah sebuah kewajiban. Hijab adalah identitas bagi wanita yang menandakan bahwa ia adalah seorang muslim.

Saat ini trend hijab menjadi salah satu fashion yang mendunia. Bahkan wanita berhijab akan tampak lebih fashionable dibanding yang tidak berhijab. Namun dengan catatan aturan dan kesyariannya tidak dilanggar.

Maka dari itu, jangan sampai Anda kehilangan momentum dan segera buka toko hijab Anda.


3. Menjual Perlengkapan Beribadah


bisnis yang cocok untuk wanita muslimah

Ibadah adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim. Baik wanita, pria, tua, muda dan bahkan anak anak. Ibadah tidak memiliki batasan.

Dalam agama Islam, ketika beribadah kita diharuskan untuk menggunakan atribut-atribut tertentu.

Dan hal itu bisa menjadi peluang usaha yang baik bagi Anda. Dengan membuka toko perlengkapan ibadah, Anda tidak hanya memberi manfaat kepada orang lain, tetapi juga bagi diri Anda sendiri.

Memudahkan orang lain untuk beribadah tentunya akan mendatangkan pahala bagi Anda. So, ini adalah salah satu usaha yang cocok bagi kaum wanita muslimah.

Jadi tidak usah menunda-nunda lagi. Segera jalankan usaha ini, kan enak tuh sudah dapat rezeki dapat pahala pula. Usaha ini juga cocok untuk ibu rumah tangga yang tinggal di desa.

Baca Juga : 7 Kendala Yang Dialami Pebisnis Online Hingga Bisa Sukses Seperti Sekarang


4. Day Care

Usaha day care atau yang lebih umum dikenal parenting care. Adalah pekerjaan dimana Anda berkewajiban untuk mengasuh, menjaga dan mengajari seorang anak. Mungkin bisa disebut penitipan anak.

Parenting care sangat cocok dilakukan di daerah perkotaan. Dimana ketika sang ibu sibuk bekerja maka mereka tentu akan menitipkan anaknya di day care.

Usaha ini akan memberikan tantangan tersendiri bagi Anda. Dan secara tidak langsung bisa mengasah keterampilan dan skill Anda ketika menjadi seorang ibu.

Ketika bekerja Anda bisa saja menganggap hal itu sebagai latihan sebelum menjadi seorang ibu. Karena sudah kodrat manusia menjadi seorang ibu yang kelak harus merawat anak-anaknya.


5. Online Shop Berbagai Kebutuhan


profesi yang cocok untuk wanita berhijab

Usaha yang sesuai untuk wanita muslimah berikutnya adalah online shop jualan nline. Saat ini online shop sedang berkembang pesat seperti jamur yang baru tumbuh setelah hujan.

Bahkan berdasarkan hasil survey menunjukkan bahwa 70% masyarakat Indonesia lebih suka belanja online dibandingkan offline.

Betapa besar antusiasme masyarakat dan perkembangan online shop di negeri ini. Terlebih lagi didukung oleh teknologi dan jaringan internet yang memadai. Akibatnya daya beli melalui online shop jadi meningkat.

Tentu akan sangat disayangkan kalau Anda tak memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Bila Anda masih belum punya modal yang memadai, Anda bisa kok memulainya dari sistem dropshiper.

Ada banyak produk yang bisa Anda jual seperti kerajinan tangan, makanan, fashion, perlengkapan rumah tangga, dan sebagainya.


6. Fashion Designer


 pekerjaan yang cocok untuk wanita pendiam

Berawal dari tokoh ternama seperti Elzatta, Zoya, Dian Pelangi, dan beberapa
brand fashion muslim lainnya yang sangat menginspirasi.

Fashion designer adalah salah satu usaha yang pas untuk wanita muslimah. Bila Anda memiliki keahlian atau skill dalam hal mendesain pakaian tentu Anda harus mencoba merintis usaha fashion dengan brand Anda sendiri.

Tentunya untuk memulai usaha dari nol bukanlah sesuatu yang mudah. Perlu usaha yang keras agar brand Anda bisa dikenal luas.

Namun, karena kecanggihan teknologi yang semakin berkembang. Anda bisa mempromosikan brand Anda di sosial media yang merupakan sarana gratis untuk melakukan promosi.

Hal yang paling penting adalah bagaimana kreativitas dan keunikan Anda dalam mendesain suatu produk yang memiliki ciri khas yang bisa membuat orang lain tertarik.

Jangan sampai menyerah karena gagal, karena tidak ada seorang pun didunia ini yang sukses tanpa pernah gagal.


7. Usaha Roti


pekerjaan yang cocok untuk wanita bercadar

Salah satu usaha yang bisa Anda jalankan adalah membuat toko roti.

Bila Anda memiliki bakat di bidang kuliner tentu tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan memulai usaha ini.

Roti adalah makanan yang sangat familiar bagi orang Indonesia karena menjadi pilihan utama untuk mengganjal perut saat lapar melanda.

Dalam membuat roti, beri sesuatu yang unik dan kreatif sehingga orang lain berminat dan menyukai roti Anda.

Lakukan survey dan tes pasar untuk mengetahui roti yang seperti apa yang diinginkan orang-orang. perbanyak referensi untuk membuat suatu inovasi baru.


8. Usaha Make up

bisnis untuk wanita muslimah syar i

Make up adalah senjata utama bagi setiap wanita untuk terlihat cantik. Make up juga bisa menolong para wanita yang ingin selalu terlihat cantik dalam berbagai kondisi. 

Namun tidak semua wanita yang memiliki skill atau kemampuan  ber-make up. 

Jadi sangat wajar kalau menjelang acara tertentu mereka akan berbondong-bondong menyempatkan diri ke salon untuk bermake up agar terlihat menawan. 

Maka dari itu kalau memiliki keahlian dalam bidang make up sebaiknya dikembangkan. 

Tidak usah menunggu lama lagi. Anda bisa mulai dari orang yang paling dekat dengan Anda. 

Lalu lama kelamaan Anda bisa mengembangkannya pada skala yang lebih besar.


9. Article Writing


pekerjaan yang baik untuk wanita menurut islam

Salah satu pekerjaan yang bisa Anda tekuni apabila mempunyai hobi menulis adalah menjadi penulis artikel pada website atau blog. 

Anda bisa membuat konten yang komunikatif, inspiratif, dan informatif. Ada banyak tema yang bisa Anda jadikan tulisan. 

Terlebih lagi di era globalisasi dimana informasi semakin mudah di akses. Kebutuhan akan artikel pasti terus meningkat terutama yang bermanfaat. 

Jadi tentu hal tersebut bisa dijadikan batu loncatan untuk bisa menjadi penulis yang hebat.


10. Beauty  Blogger Hijabers


 jurusan yang cocok untuk wanita muslimah

Usaha yang saat ini sedang trend atau kekinian adalah beauty blogger hijabers.

Dengan bermodalkan mengunggah video menarik  berkaitan dengan fashion hijaber, usaha ini bisa mendatangkan banyak rupiah. 

Contoh orang-orang yang terkenal karena beauty blogger hijabers seperti Irna Dewi, Puput Utami, Firra Assegaf, Cheryll Raissa, dan masih banyak lagi. 

Dengan berbekal kemampuan mengkreasikan hijab, make up, dan fashion Anda bisa cukup percaya diri untuk memulai bisnis. 

Jadilah dirimu sendiri dan kreatif karena kamu akan dikenal jika memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri dari orang lain. 


Itulah beberapa pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah. Pilihan ide yang sesuai dengan passion dan keinginan Anda. 

Jika ada yang sesuai maka segeralah eksekusi. 

Mulailah dari tahap yang paling kecil maka lama kelamaan usaha Anda akan menjadi besar. Dan tentunya akan memberi keuntungan yang besar. 

Namun untuk bisa berkembang pasti butuh yang namanya perjuangan. Dalam hidup ini sejatinya tidak ada yang instan. Kalaupun ada pasti ujung-ujungnya tidak baik. 

Nikmati setiap prosesnya dan tetap berdoa agar usaha yang Anda tekuni bisa memberi banyak manfaat bagi orang banyak.

Baca Juga : Menyingkap Arti Mendalam Tentang Passion Yang Sering Ditanyakan Banyak Orang

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar